Biar Nggak Mangkrak, Tahun Depan Rp25 M untuk GOR Watubelah

Biar Nggak Mangkrak, Tahun Depan Rp25 M untuk GOR Watubelah



INILAH, Cirebon - Menghindari mangkraknya pembangunan GOR Watubelah, Pemkab Cirebon tahun depan sudah mempersiapkan anggaran dengan nilai Rp25 miliar. Anggaran sebesar itu, sepertinya wajib dialokasikan supaya GOR Watubelah bisa dipakai. Masalahnya, kalau tahun depan kembali tidak ada pembangunan, kondisi GOR akan semakin parah.

"Anggarannya sudah kita siapkan. Nilainya Rp25 miliar, supaya GOR bisa dipakai. Ini untuk menghindari semakin mangkraknya kondisi GOR," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Beppelitbangda) Kabupaten Cirebon, Hendra Nirmala, Senin (1/3/2021).

Hendra menjelaskan, persiapan anggaran Rp25 miliar tersebut bukan perhitungan bahwa pembangunan GOR sudah selesai. Namun, sampai GOR minimal bisa dipakai untuk beberapa kegiatan. Masalahnya, kalau estimasi anggaran sampai pembangunan GOR benar-benar dinyatakan selesai, masih butuh sekitar Rp350 miliar lagi. 


"Kita keluarkan anggaran sambil kami terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar. Kami paham dengan kondisi pandemi seperti ini. Kekurangan anggaran kalau meminta seluruhnya ke Pemrov, pasti berat," ungkap Hendra.

Anggaran dipersiapkan, lanjutnya, berdasarkan hasil review RAB dan bukan review desain. Kala saja mengacu kepada review desain, APBD Kabupaten Cirebon dipastikan tidak mampu membiayai sisa pembangunan GOR, karena nilainya ratusan juta rupiah. Dengan Pemkab Cirebon menyiapkan anggaran, Hendra berharap Pemprov Jabar juga bisa memberikan bantuan anggaran tambahan.

"Jadi nilai yang muncul dari ABPB untuk GOR tahun depan, dari perhitungan yang matang. Kalau tahun depan Pemprov tidak bisa membantu, minimal dari anggaran Kabupaten bisa membuat GOR dioperasikan. Kalau didiamkan, ya bangunan pasti hancur," jelasnya. (maman suharman)