Dukung Vaksin Mandiri, Ridwan Kamil Meminta Pusat Siapkan Regulasi

Dukung Vaksin Mandiri, Ridwan Kamil Meminta Pusat Siapkan Regulasi
istimewa



INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai selain dapat mengakselerasi vakinasi yang diupayakan pemerintah, vaksinasi mandiri dapat mempercepat herd immunity. Hanya saja, harus memiliki aturan dalam pelaksanaannya.

 

Ridwan Kamil mengatakan, sangat mendukung upaya mempercepat herd immunity tersebut. 


 

"Kalau tanpa percepatan akan susah mencapai 70 pesen, atau tercapai tapi lama," ujar Ridwan Kamil. 

 

Dengan adanya vaksin mandiri, menurut dia, maka akan mempercepat orang untuk herd immunity. Namun syaratnya harus ada regulasi dari pusat untuk mengatur agar tidak mengganggu vaksinasi yang sedang berjalan. 

 

"Kalau swasta mau membayarkan Karyawan ini akan memepercepat herd immunity," ucap dia. 

 

Di sisi lain, Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengatakan, pihaknya pun menyambut baik program Vaksin Nusantara yang kini sedang mendatangkan vaksin dari luar negeri. Dengan demikian maka pasokan vaksin akan bertambah

"Vaksin ini kan tidak mencukupi," jelasnya. 

 

Menurut dia, pasokan vaksin yang didatangkan pemerintah mulai dari Sinovac, Prixer, Astrazeneca bisa menambah daya pasokan vaksin. Emil sendiri tidak mempermasalahkan merek maupun buatan mana vaksin tersebut, namun yang terpenting dapat lolos dari uji BPOM maupun MUI. 

 

"Maka apapun merknya membantu perang kita melawan covid-19, jadi mudah-mudahan wacana lengkap, jelas, dan bisa dipakai," pungkasnya. (riantonurdiansyah)