Mobil Komersial Listrik Tanpa Sopir VW Hadir 2022

Mobil Komersial Listrik Tanpa Sopir VW Hadir 2022
istimewa



INILAH,  Wolfsburg - Volkswagen siap menghadirkan kendaraan komersial listrik tanpa sopir (otonom) pada tahun depan, setelah mempercepat pengembangan sistem otonom menyusul investasinya bersama Ford di Argo AI.

Kendaraan komersial otonom bertenaga listrik VW ID.BUZZ bahkan sekarang sedang menjalani uji coba, dan akan menjadi kendaraan otonom pertama di divisi Volkswagen Commercial Vehicles (VWCV).

VW sangat berambisi dalam pengembangan mobil listrik otonom, berinvestasi miliaran dolar di Argo AI dan unit pengembangan, dengan target mengenalkan sistem otonom untuk di jalan raya umum pada 2025.


"Penggerak listrik yang otonom akan memberikan kontribusi penting bagi mobilitas perkotaan dan keselamatan jalan raya. Kendaraan kami adalah pilihan pertama yang logis untuk menerapkan sistem seperti itu," kata Carsten Intra, CEO Kendaraan Komersial Volkswagen.

"Tahun ini, untuk pertama kalinya, kami melakukan uji coba lapangan di Jerman, di mana sistem self-driving oleh Argo AI akan digunakan dalam versi ID masa depan," tambah Christian Senger, Head of Autonomous Driving Volkswagen.

Volkswagen bertujuan mengembangkan konsep ride-hailing dan pooling yang serupa dengan yang ditawarkan MOIA saat ini. Di pertengahan dekade ini, pelanggan akan memiliki kesempatan untuk menikmati inovasi VW itu.

"Sebagai bagian dari kerja sama, Ford Motor Company dan Volkswagen Commercial Vehicle telah berinvestasi secara setara di Argo AI, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada platform perangkat lunak untuk Autonomous Driving," jelas Senger.

Selain investasi awal sebesar US$1 miliar, Volkswagen juga memboyong anak usahanya AID (Autonomous Intelligent Driving) ke dalam Argo AI.

VWCV akan mengembangkan dan membangun Special Purpose Vehicle (SPV), seperti robo-taxi dan van.

Selain investasi di Argo AI, Volkswagen juga menginvestasikan miliaran dalam proyek Car dalam pengembangan perangkat lunak.

VWCV mengembangkan kendaraan di mana sistem penggerak otomatis (SDS) Argo akan digunakan. Kendaraan itu dikembangkan berdasarkan ID serba listrik. (inilah.com)