Hati Keras, Ibadah Malas, Kikir Pula, Sembuhkan dengan Doa Shahih dari Nabi Ini

Hati Keras, Ibadah Malas, Kikir Pula, Sembuhkan dengan Doa Shahih dari Nabi Ini
Ilustrasi/Net



YUK evaluasi kabar diri kita di hari ini. Sudahkah ibadah semakin kencang atau jangan-jangan lebih sering mengikuti rasa malas? Bagaimana dengan hati kita, sudah semakin lembut atau semakin mengeras?

Ada satu doa penting dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang bisa menolong diri kita andai terbelenggu rasa malas. Juga, sebagai pelembut hati. Berikut lafadznya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ


Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Doa tersebut juga bisa melindungi kita dari sifat kikir. Karena sifat kikir hanya akan menjerumuskan kita pada kesengsaraan di dunia dan akhirat.

"Dan di antara mereka ada yang telah berikrar kepada Allah: Sesungguhnya jika Allah memberikan sebahagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh. Maka, setelah Allah mem-berikan kepada mereka sebahagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran)." (QS. At-Taubah 75-76).