Transmisi Penyebaran Covid-19 di Kota Bandung Masih Tinggi

Transmisi Penyebaran Covid-19 di Kota Bandung Masih Tinggi
istimewa



INILAH, Bandung - Ketua Harian Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, penyebaran Covid-19 di Kota Bandung masih terbilang tinggi. 

 

Menurutnya, presentasi kasus konfirmasi mengalami kenaikan sebesar 15,9 persen. Angka tersebut tercatat lebih tinggi dibandingkan nasional sebesar 7,74 persen, dan provinsi sebesar 14,80 persen. 


 

"Ini menunjukan bahwa transmisi penyebaran Covid-19 di Kota Bandung masih tinggi," kata Ema pada Sabtu (5/3/2021). 

 

Dijelaskan dia, mobilitas masyarakat yang masuk dan keluar Kota Bandung menjadi tinggi. Namun situasi itu tidak diimbangi dengan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 5M. 

 

"Bisa jadi turunnya kesadaran warga terhadap kedisiplinan penerapan protokol kesehatan (prokes) karena sudah jenuh, atau memang tidak mau tahu," ucapnya. 

 

Selain mobilitas yang tinggi, kata dia. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kasus. Diantaranya pelonggaran kebijakan relaksasi berbagai aktivitas masyarakat. 

 

"Yang akan terus dilakukan oleh kita, adalah edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan 5M harus lebih masif. Treatment kepada masyarakat agar mematuhi alur pelayanan, disiplin melaksanakan isolasi," ujar dia. 

 

Strategi lainnya sambung dia, Pemkot Bandung akan terus berupaya menyediakan fasilitas kesehatan dan tempat isolasi. Sementara tracing dan testing, masyarakat dapat melaporkan bila ada kasus temuan.

 

"Pemerintah akan terus melakukan pelacakan epidemiologi dan pemeriksaan lab di setiap temuan yang dilaporkan. Juga akan dilakukan pengawasan tempat aktivitas ekonomi, gedung pernikahan atau pertemuan," tandasnya. (Yogo Triastopo)