Pertumbuhan Ekonomi Kota Bandung Minus Dua Persen

Pertumbuhan Ekonomi Kota Bandung Minus Dua Persen
ilustrasi



INILAH, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung kini berada di angka minus dua persen. 

 

"Data laju pertumbuhan ekonomi (LPE) menunjukan Kota Bandung minus 2,28 persen. Nasional juga minus 2,98 persen. Itu laporan yang kita terima," kata Ema pada Sabtu (5/3/2021). 


 

Selain kepada pertumbuhan ekonomi. Pandemi Covid-19 turut berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung. PAD Kota Bandung di 2020 mengalami penurunan hingga Rp 1 triliun. 

 

Menurutnya, minusnya LPE di Kota Bandung. Dapat dilihat dari minimnya pendapatan dari sektor usaha perhotelan. Selama Pandemi Covid-19, okupansi hotel hanya berada di angka 38 persen. 

 

‎"Kemudian okupansi hotel hanya di angka 38 persen‎. Tidak ada lagi masa jaya 70 hingga 90,atau 100 persen. Apalagi dengan isu-isu penutupan jalan. Orang jadi males ke Kota Bandung," ucapnya.

 

‎Kota Bandung, dituturkan dia telah menyiapkan agenda pemulihan ekonomi. Perbaikan daya beli masyarakat, pemulihan produksi dan perdagangan hingga penguatan kolaborasi menjadi fokus pemulihan ekonomi.‎ (Yogo Triastopo)