Rezeki Mengalir Deras dengan Menjalankan 4 Cara ala Rasulullah

Rezeki Mengalir Deras dengan Menjalankan 4 Cara ala Rasulullah
Ilustrasi/Net



Kita terkadang terlalu keras berpikir mencari cara untuk membuka pintu rezeki. Percayalah, Rasulullah adalah pemberi contoh terbaik bagi kita sebagai umat muslim.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dalam sebuah khutbah Jumat memaparkan setidaknya ada empat kunci rezeki yang bisa kita amalkan dengan hasil yang sangat dahsyat:

1. Memperbanyak istighfar


“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

2. Menjalin silaturahim

Ada janji Allah yang tertuang dalam sebuah hadis shohih. Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: 

"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Sedekah dengan Ikhlas Mencari Ridha Allah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitahukan kepadanya, 

“Allah Yang Mahasuci lagi Mahatinggi berfirman, ‘Wahai anak Adam!’ berinfaklah, niscaya Aku berinfak (memberik rizki) kepadamu.”

4. Memperbanyak Doa

Yang paling sering diamalkan para sahabat dan ulama terdahulu adalah doa berikut ini:

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

Doa pembuka rezeki ini seperti yang disampaikan dalam Hadist Riwayat HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Sangat dianjurkan untuk mencoba empat cara di atas dalam membuka pintu rezeki. Tetapi kunci yang utama tetaplah iman dan takwa.

Allah Taala berfirman,

"Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (QS. Ath-Thalaq: 2-3).