Kolaborasi dengan UMKM Lokal, Ridwan Kamil Ikut Beri Sentuhan Desain Produk Spesial

Kolaborasi dengan UMKM Lokal, Ridwan Kamil Ikut Beri Sentuhan Desain Produk Spesial
istimewa



INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut serta secara langsung dalam mendorong kemajuan produk lokal di masa pandemi Covid-19 ini. Sebagai seorang arsitek yang memiliki latar belakang desain, dia bakal berkolaborasi dengan sejumlah produk lokal agar dapat memproduksi karya yang spesial. 

Tidak sekadar gimmick, sedikitnya ada sekitar 22 produk lokal akan mendapatkan sentuhan desain produk karya Ridwan Kamil. Produk lokal itu, tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Ini peristiwa pertama di Indonesia di mana endorser seorang pejabat, mengendorsnya itu bukan mempromosikan langsung. Tapi terlibat dalam proses produksi. Nanti ada produk lokal yang didesain khusus Ridwan Kamil. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya," ujar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Senin (8/3/2021).


Emil -sapaan Ridwan Kamil- memjelaskan, gerakan ini dinamai #inilokalinikolaborasi. Di mana tidak sekadar ingin membantu pengusaha lokal yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. Dia juga ingin mencoba gagasan baru dengan ikut serta mendesain serta memasarkannya. 

"Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar tapi saya membuka diri ada dari Jabar, Jateng, Jatim. Kami berharap ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolongnya dengan cara unik tidak harus bersifat (memberi) modal. Bedanya saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek. Sehingga brand juga punya semangat yang klik," tuturnya.

Emil menyampaikan, sejumlah produk tersebut rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat. Adakun proses kolaborasi, saat ini baru tahap finalisasi design akhir menjelang produksi. 

Selain ikut mendesain, ia juga ingin total dalam proses marketing. Dengan harapan, produk bisa dijual dengan harga tinggi dan memberi dampak positif bagi pelaku usaha industri lokal. 

Rencananya, produk tersebut akan diluncurkan bersama selebritis dengan konsep lelang.

"Jadi nanti semua teknik marketing akan kita maksimalkan baik postingan dari saya, ada influenser, selebriti yang mau dilaunching dalam bentuk lelang," kata dia. 

Sedikit bocoran, sambung Emil, produk yang dia desain mengusung tema dwi warna atau duo tone dengan balutan aksen batik mega mendung. Ia memastikan, produk yang dibuat berkualitas baik. 

"Yang buat saya terharu produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru, itu dunia saya. Waktu saya dosen, proses mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer," tambah Emil. 

Dia berharap gerakan yang ia gagas bisa membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi. Ia meyakini, kualitas produk lokal bisa bersaing dengan produk mancanegara.

"Sehubungan Pak Presiden berstatment untuk mendukung produk lokal. Mari dukung produk lokal dan beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar. Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar tanpa memberi tahu karena saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik," jelasnya.

Sementara itu, Tri Ambodo dari brand jaket Harimau Supply asal Malang, Jawa Timur  berharap kolaborasi ini bisa membangkitkan rasa bangga masyarakat terhadap produk lokal. Menurut dia, kolaborasi ini sangat menantang dan unik. 

"Ini kolaborasi paling seru karena ada beberapa kolaborator local brand yang juga ikut meramaikan kolaborasi ini, yang biasanya kami bersaing sekarang kami bekerja sama untuk saling membangun local brand," kata Tri. 

Untuk edisi kolaborasi dengan Ridwan Kamil, Harimau Supply akan menyajikan konsep tak biasa. 

"Harimau Supply menciptakan sesuatu yang sangat berbeda yang belum pernah kami lakukan. Melihat sosok RK yang terlahir di Jawa Barat kami teringat sosok prabu Siliwangi dengan Harimau Putih yang melegenda, yang merepresentasikan sosok RK sebagai pemimpin layaknya Prabu Siliwangi," kata dia. 

Decky Sastra owner dari Rawtype Riot Bandung mengatakan kolaborasi dengan Ridwan Kamil diharapkan mampu menjadi purwarupa untuk merangsang tumbuhnya brand lokal yang punya daya saing.

"Harapan saya, ke depanya lahir brand lokal kelas internasional yang di support oleh segmentasi lokal maupun internasional. Mungkin di project pertama ini Pak RK bisa menjadi prototipe agar merangsang tumbuhnya brand lokal di Indonesia yang mempunyai potensi bersaing dengan brand internasional," jelasnya. (Rianto Nurdiansyah)