BLK Kota Bogor Gelar Pelatihan Tujuh Kejuruan

BLK Kota Bogor Gelar Pelatihan Tujuh Kejuruan
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Sebanyak 128 orang mengikuti pelatihan Berbasis Kompetensi Gelombang I 2021 yang digelar UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Bogor. Pelatihan ini meliputi tujuh kejuruan yakni bahasa Inggris, komputer, otomotif, tata noga, perhotelan, kecantikan, dan service AC. 

Kepala UPTD BLK Kota Bogor Enjang Nurjaman menuturkan, pelatihan yang bersumber dari pemerintah pusat itu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Sehingga kedepan bisa membuka lapangan kerja. 

"Kegiatannya ada ketahanan mental yang dibimbing oleh anggota Kodim 0606/Kota Bogor selama tiga hari sampai Rabu (7/4/2021) mendatang," kata Enjang, Senin (5/4/2021). 


Sedangkan, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bogor Elia Buntang berharap adanya pelatihan ini bisa menciptakan pengusaha yang handal. Sebab, pandemi Covid-19 mengakibatkan jumlah pengangguran tercatat naik sebanyak 12 persen.

"Sehingga saya berharap pelatihan pelatihan ini menjadi wiraswasta yang baru dan bukan lagi pekerja," ungkap Elia.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor Achmad Saeful Bakhri mengapreasiasi langkah Disnaker Kota Bogor yang melaksanakan pelatihan saat pendemi dengan protokol kesehatan ketat. Hal ini dianggap terobosan yang mampu menumbuhkan wirausaha baru di era pandemi, sekaligus meningkatkan kompetensi dan ruang bagi para milenial. 

"Kami berharap kedepan Disnaker menjalin kemitraan dengan perusahaan yang baru atau yang sudah ada di Kota bogor. Kedepan pelatihan bagi SDM di perusahaan nantinya harus dilakukan di UPTD BLK Disnaker ini," ujarnya. (Rizki Mauludi)