Disdagin Kota Bandung Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadan

Disdagin Kota Bandung Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadan
- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah. (Istimewa)



INILAH, Bandung - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah, jamin ketersediaan kebutuhan pokok jelang Ramadhan tahun ini dalam kondisi aman. 

"Alhamdulillah semua komoditas aman, dan sedia. Mulai dari beras, daging sapi, daging ayam, telur dan lainnya," kata Elly di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Selasa (6/4/2021). 

Menurut dia, sejumlah komoditas memang mengalami kenaikan dan penurunan harga. Namun begitu, Disdagin Kota Bandung menilai peningkatan harga yang terjadi saat ini dalam batas wajar. 


"Seperti daging sapi harga tertinggi dipasaran Rp 125 ribu dari harga normal Rp120 ribu untuk satu kilogramnya. Lalu daging ayam, dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu satu kilogramnya," ucapnya. 

Sejumlah komoditas yang mengalami penurunan, dituturkannya terjadi pada cabai merah dan gula pasir. Panen raya yang terjadi di beberapa daerah menjadi penyumbang turunnya harga cabai. 

"Panen raya di produsen cabai akan terus ada, sehingga dampaknya kepada daerah konsumen akan terus turun mendekati harga normal. Saat ini harga cabai rawit Rp 80 ribu dari sebelumnya Rp 120 ribu," ujar dia. 

Disdagin Kota Bandung, dipastikan Elly tak akan melakukan operasi pasar mengingat kenaikan sejumlah komoditas saat ini dalam batas wajar. Operasi pasar akan dilakukan apabila kenaikan harga terlampau tinggi. 

"Belum waktunya kita operasi pasar, karena kenaikannya masih dianggap wajar. Seperti daging sapi, daging ayam malah telur masih dibawah HET masih dikisaran 21 sampai 23ribu. Sementara HET nya 24ribu," tandasnya. (Yogo Triastopo)