Disnaker Karawang Siapkan Aplikasi Khusus Pencari Kerja

Disnaker Karawang Siapkan Aplikasi Khusus Pencari Kerja
Disnakertrans Kabupaten Karawang siapkan aplikasi untuk para pencari kerja
INILAH, Karawang- Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, membuat sebuah inovasi baru untuk masyarakat di wilayah itu. 
 
Ke depan, para pencari kerja khususnya warga di wilayah Karawang akan dipermudah dengan layanan info lowongan kerja yang dibuat secara online di sebuah situs internet.
 
Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang, A Suroto mengatakan, pihaknya sengaja membuat sebuah terobosan berupa info loker berbasis internet itu untuk memudahkan masyarakat. 
 
Misalnya terkait informasi tentang lowongan pekerjaan di sebuah perusahan yang ada di wilayah itu.
 
"Aplikasi ini akan bersinergi dengan 1.753 perusahaan yang ada di wilayah kami," ujar Suroto akhir pekan kemarin.
 
Suroto mengakui, selama ini masyarakat cukup kesulitan dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. Untuk itu, pihaknta meluncurkan fasilitas ini untuk memudahkan mereka dalam mencari kerja.
 
"Aplikasi ini, nantinya menjadi informasi loker, termasuk fasilitas untuk melamar. Jadi, lebih efektif," jelas dia.
 
Di menambahkan, saat ini aplikasi tersebut sedang dalam tahap pengerjaan. Rencananya, Juni mendatang akan segera diluncurkan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan bisa membantu warga Karawang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
 
Tak hanya soal lowongan kerja, sambung Suroto, dalam aplikasi itu nantinya akan ada berbagai macam informasi. Mulai dari besaran upah, keterampilan khusus, serta keahlian teknis. Informasi ini, untuk mendukung proses best matching.
 
Ke depan, lanjut dia, para pencari kerja tak perlu lagi mendatangi perusahan atau mengikuti job fair. Tapi, cukup dengan mengunduh aplikasi di smartphone, mereka bisa mencari lowongan kerja sesuai kemampuan dan keinginannya.
 
"Nanti, seluruh perusahaan yang telah terintregasi wajib menyertakan informasi lowongan dan lainnya ke aplikasi itu," ujar Suroto. 
 
Namun demikian, dia menambahkan, aplikasi ini hanya bisa diakses oleh warga Karawang asli. Sebab, untuk log in ke aplikasi ini hanya bisa dilakukan oleh pencari kerja yang ber-KTP Karawang.