BEM FISIP Unpas Abdikan Diri di Desa Neglawangi 

BEM FISIP Unpas Abdikan Diri di Desa Neglawangi 
istimewa



INILAH, Bandung - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasudan (BEM FISIP Unpas) dan baraya muda (Baramuda) Indonesia melaksanakan kegiatan pengabdiaan masyarakat di Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jumat (9/4/2021).

Ketua Pelaksana Muhammad Reza Fadhillah mengungkapkan, kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu pendidikan yang terdiri dari pembuatan perpusatakaan mini lalu mengajar anak-anak dan sosialisasi serta kegiatan kesehatan yang terdiri dari cek kesehatan gratis dan sosialisasi vaksin Covid-19.

Sosialisasi pendidikan, dilakukan dengan anak-anak tingkat SD. Kegiatan ini mengajarkan materi tentang basic manner seperti bagaimana cara memberikan salam, mengucapkan permisi, meminta maaf, meminta tolong, dan budaya antre. 


"Selain itu, anak-anak juga sharing tentang cita-cita mereka dimasa depan. Dalam kondisi pandemi ini, panitia juga memberikan sosialisasi tentang cara mencuci tangan, penggunaan masker, menjaga jarak, dan handsanitizer dalam upaya menerapkan protokol kesehatan," imbuh Reza.

Sedangkan kegiatan cek kesehatan gratis dan sosialisasi vaksin dilakukan oleh Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Human Initiative. Cek kesehatan yang dilakukan adalah pengecekan gula darah, asam urat, dan tensi dengan sasaran masyarkat lansia sebanyak 58 orang. 

"Sedangkan sosialisasi vaksin dan kesehatan dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang pentingnya vaksin dan penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 kepada masayarakat. Dalam kegiatan sosialisasi kesehatan ini dihadiri sekitar 20 orang," jelasnya.

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini kata Reza, untuk melaksanakan salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian, dimasa pandemi Covid-19. Hal ini, tentu saja ada keterbatasan, tetapi hal ini menjadikan tantangan, bukan sebagai halangan,

"Kita mempunyai moto berkerja bersama masyarakat, bukan bekerja untuk masyarakat, sehingga seluruh kegiatan yang kita lakukan melibatkan partisipan dari masyarakat, agar terciptanya komunikasi dan relasi dengan masyarakat, demi tercapainya modal sosial. Karena saya berharap pengabdian ini bisa menjadi langkah awal untuk kita mempunyai desa binaan," papar Reza.

Selain itu, BEM FISIP Unpas dan Baramuda menggelar pojok baca. Tujuan dari pembuatan perpustakan mini ini untuk meningkatkan literasi anak-anak yang ada di Desa Neglawangi. Kegiatan ini dimulai dengan mendekor Kafe sebagai tempat untuk perpustakaan mini, yang dilakukan oleh panitia, karang taruna, dan anak-anak untuk berpartisipasi dalam program ini. (Okky Adiana)