DPRD Dukung FUN Kota Bandung 'Menular' ke Daerah Lain

DPRD Dukung FUN Kota Bandung 'Menular' ke Daerah Lain



INILAH, Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat berharap keberadaan Deklarasi Forum UMKM Nuswantara (FUN) Kota Bandung yang baru dideklarasikan dapat mendongkrak perekonomian Jawa Barat melalui produk-produk UMKM unggulannya.

"Diharapkan dengan hadirnya FUN Kota Bandung dapat mendukung kebangkitan sektor ekonomi, setelah terdampak akibat pandemi COVID-19," kata Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Yuningsih, Minggu (11/4/2021).

Dia menuturkan DPRD Jawa Barat mengapresiasi kehadiran Deklarasi Forum UMKM Nuswantara (FUN) Kota Bandung.


Yuningsih menilai, deklarasi tersebut dapat menginspirasi kabupaten/kota di Jawa Barat sebab dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, hanya terdapat lima daerah yang sudah memulai membentuk forum tersebut.

"Saya menyambut baik deklarasi Forum UMKM Nuswantara ini, karena sangat menginspirasi untuk 27 kota kabupaten di Jawa Barat" ujar Yuningsih.

Selain itu menurut dia, forum tersebut merupakan wujud hadirnya pemerintah di tengah para pelaku UMKM untuk memberikan sejumlah dukungan.

"Pemerintah memberikan beberapa kemudahan akses seperti Permodalan untuk pengusaha yang Bank Able seperti nelayan, petani, peternak dan lain-lain agar dapat bersaing di era digital seperti saat ini," ujar Yuningsih.

Anggota DPRD dari Fraksi PKB berharap, sektor perekonomian dapat segera bangkit melalui peran UMKM mengingat 98 persen dari masyarakat Jawa Barat bergerak di bidang usaha mikro atau sekitar 4,6 juta UMKM ada di Jawa Barat.