Pemkab Cirebon Siapkan Duit Miliaran untuk Uang Kadeudeuh

Pemkab Cirebon Siapkan Duit Miliaran untuk Uang Kadeudeuh
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon, menyalurkan dana kadeudeuh bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang sudah memasuki batas usia pensiun (BUP). Tercatat, ada 220 pegawai yang pensiun. Satu orang pegawai yang pensiun, masing-masing mendapatkan Rp17 juta. Pemkab Cirebon pun menyiapkan anggaran tak kurang dari Rp4 miliar.

Bupati Cirebon Imron mengatakan, Pemkab Cirebon pun menyalurkan dana perlaya bagi 100 keluarga PNS yang meninggal dunia. Nilainya masing-masing sebesar Rp2 juta.
Di samping itu, ada  bantuan akomodasi atau perpindahan kepada 100 PNS yang karena peraturan perundang-undangan dialihtugaskan menjadi PNS Provinsi Jawa Barat. Nilainya masing-masing sebesar Rp2,4 juta.

"Uang kadeudeuh dan bantuan lainnya ini, merupakan bukti nyata bahwa kinerja mereka saat menjadi PNS sangat dihargai. Kami mengucapkan banyak terimakasih atas dedikasi mereka selama bekerja di Pemkab Cirebon," kata Imron, Selasa (13/4/2021).


Selain menyalurkan dana kadeudeuh, Pemkab Cirebon juga mengukuhkan Pengurus Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Menurut Imron, Korpri merupakan wadah perjuangan dan pengabdian seluruh pegawai. Tujuannya, memiliki peran meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan melulu dalam bentuk materi saja.

"Korpri diharapkan mampu memberikan perlindungan serta rasa aman. Ini harus diberikan kepada seluruh anggota dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara," ungkap Imron. 

Imron berharap, ke depan nanti Korpri mampu berkontribusi dalam pembangunan karakter masyarakat di Kabupaten Cirebon. Nantinya, anggota dan masyarakat akan semakin merasakan manfaatnya. Imron mengaku bangga karena saat ini telah dibentuk Badan Pembinaan Olah Raga (Bapor), Koperasi dan Lapak Korpri Online, serta pengembangan Sistem Informasi Korpri (SIK) berbasis android.

"Ini adalah bentuk kemajuan Korpri ditengah pandemi dan era digitalisasi. Saya minta teruslah melakukan inovasi di berbagai lini, supaya manfaatnya bisa dirasakan masyarakat," tukas Imron. (Maman Suharman)