BJB Cabang Cibinong Hadirkan Eli Sugigi untuk Semangati Pelaku UMKM Kabupaten Bogor

BJB Cabang Cibinong Hadirkan Eli Sugigi untuk Semangati Pelaku UMKM Kabupaten Bogor
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Sebagai artis sekaligus pelaku UMKM, Eli Sugigi memberikan kiat-kiatnya dalam berbisnis online ala artis. Pemberian materi itu dilakukan secara webinar dan talkshow itu digagas Kantor BJB Cabang Cibinong.

Kepala Kantor BJB Cibinong Boy Panji Soedrajat mengatakan, alasan mengundang Eli Sugigi sebagai narasumber webinar dan talkshow itu karena dia berhasil melakukan bisnis secara online.

"Eli Sugigi berhasil menjadi pelaku UMKM yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana penjualan secara online, Eli yang juga artis itu pandai mengelola produknya hingga terlihat unik lalu banyak dibeli," kata Boy kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).


Dia menerangkan, pandemi Covid 19 telah melahirkan revolusi bisnis dimana mau tak mau memaksa pelaku UMKM untuk menjual produknya secara online.

"Kita harus beradaptasi dengan segala macam keadaan, para pelaku UMKM harus bisa memasarkan produknya secara online dan mampu melihat perubahan trend, lalu memanfaatkannya sebagai potensi atau peluang bisnis," sebut penyuka klub Persib itu.

Sementara itu, Eli Sugigi menyarankan agar pelaku UMKM di Kabupaten Bogor memanfaatkan media sosial seperti instagram, whatsapp, dan facebook. Selain itu, momen kebutuhan masyarakat seperti Ramadan dan Idulfitri pun harus ditangkap sebagai peluang,

"Mari kita manfaatkan sebaik-sebaiknya sosial media, khususnya untuk mencari nafkah untuk keluarga. Lalu kalau ada momen, kaya bulan Ramadan kita bisa menyiapkan aneka kebutuhan masyarakat seperti sarung, mukena dan lainnya," ucap Eli.

Dia menambahkan, dirinya banyak merekrut reselller dan lebih memilih menjual produk-produknya secara partai dengan nilai keuntungan yang terbilang kecil per penjualan.

"Biar untungnya kecil per penjualan yang penting banyak terjual dan rezekinya halal. Kalau saya lebih memilih menjual produk secara kodian serta merekrut banyak reseller. Jangan lupa kita harus menjaga kepeecayaan konsumen," tambahnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat menyambut baik program BJB dalam membina para pelaku UMKM hingga mereka siap menghadapi era digital.

"Para pelaku UMKM harus bisa melakukan packaging produknya semenarik mungkin agar menarik minat pembelinya. Dalam acara webinar dan talkshow yang digagas BJB ini, mereka diajarkan mulai dari packaging produk hingga pemasarannya. Selain itu BJB juga mensosialisasikan kredit usaha rakyatnya," tukas Asep. (Reza Zurifwan)