Ini Tanggapan Robert Alberts Soal Tidak Berlakunya Gol Tandang di Semifinal Piala Menpora 2021

Ini Tanggapan Robert Alberts Soal Tidak Berlakunya Gol Tandang di Semifinal Piala Menpora 2021
istimewa



INILAH, Sleman - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan tanggapannya mengenai regulasi di semifinal Piala Menpora 2021. Pasalnya, babak empat besar itu tidak memberlakukan gol tandang meski digelar dua leg. 

Artinya, apabila dua tim yang bertanding pada semifinal mencetak skor yang sama setelah bermain pada dua pertandingan (semisal. 1-1, 2-2, dan seterusnya), tidak berlaku keuntungan gol tandang. Jika hal itu terjadi, pertandingan semifinal kedua langsung dilanjutkan dengan adu penalti.

Alasan peraturan itu dikeluarkan karena venue yang digunakan bersifat semu. Benar saja, di leg pertama akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sementara di leg kedua digelar di Stadion Manahan Solo. 


Robert mengaku sudah mengetahui mengenai regulasi tersebut. Namun, pelatih asal Belanda ini memastikan tidak akan mempermasalahkannya. 

"Ya, setiap gol adalah gol. Jika skornya 1-1, 2-2, 3-2, 1-2, kami akan memainkan adu penalti. Tapi itu adalah peraturan dari turnamen dan kami mengikuti mereka," ujar Robert, Kamis (15/4/2021).

Peraturan ini juga ternyata diberlakukan di babak final. Sebab babak penentuan itu pun digelar dua leg di dua tempat berbeda. Stadion Maguwoharjo di Sleman akan digunakan pada leg pertama, sedangkan Stadion Manahan jadi leg kedua yang juga merupakan puncak akhir penyelenggaraan Piala Menpora 2021. (Muhammad Ginanjar)