Dosen UTama Gelar Revitalisasi Perpustakaan di SMK Harapan 2 Rancaekek

Dosen UTama Gelar Revitalisasi Perpustakaan di SMK Harapan 2 Rancaekek
Dokumentasi (okky adiana)



INILAH, Bandung - Dosen program studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama (UTama) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di SMK Harapan 2 Rancaekek, Kabupaten Bandung. Kegiatannya dilangsungkan secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Ketua Kluster PkM Aminudin mengatakan, kegiatan workshop pengembangan koleksi perpustakaan sekolah, mengusung tema “Revitalisasi Perpustakaan Sekolah untuk Efektivitas Pembelajaran”.

“Pesertanya terdiri dari kepala perpustakaan, kepala program kurikulum, dan guru mata pelajaran di SMK Harapan 2 Rancaekek. Termasuk, mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, UTama,” kata Aminudin, Jumat (16/4/2021).


Dia menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan wawasan. Khususnya kepada kepala perpustakaan dan guru mata pelajaran di SMK Harapan 2 Rancaekek.

“Agar mereka mengetahui bagaimana mengembangkan koleksi perpustakaan di SMK Harapan 2 Rancaekek sesuai dengan ketentuan dari Kepala Perpusnas (Perpustakaan Nasional) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 mengenai Standar Perpustakaan SMA/SMK,” kata Aminudin.

Setelah mengikuti kegiatan, diharapkan kepala perpustakaan dan guru-guru di SMK Harapan 2 Rancaekek memahami bagaimana caranya, agar koleksi perpustakaan bertambah banyak. Bukan hanya buku-buku paket, juga koleksi terbitan berkala (majalah, surat kabar) dan karya cetak lainnya.

Pada kesempatan berbeda Linda Kepala Perpustakaan SMK Harapan 2 Rancaekek berharap, kegiatan PkM ini bisa berlanjut untuk materi workshop berikutnya.

“Harapan saya perpustakaan yang dikelola di sekolah kami dapat lebih maju lagi. Bahkan mengarah ke digital supaya bisa diakses oleh para siswa di rumah masing-masing,” kata Linda.

Sementara itu, Kepala SMK Harapan 2 Rancaekek Aep Saepudin menambahkan, pihaknya mengapresiasi dengan kegiatan ini. Karena kegiatan ini sangat membantu dalam perbaikan perpustakaan di SMK Harapan 2 Rancaekek.

"Kepada seluruh jajaran Universitas Widyatama, Khususnya Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Teknik, saya ucapkan terima kasih,” kata Aep. (okky adiana)