Bandung Zoo Bebersih Sungai Cikapayang

Bandung Zoo Bebersih Sungai Cikapayang
INILAH, Bandung - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, sekitar 30 karyawan Bandung Zoo melakukan kerja bakti membersihkan sungai Cikapayang. Aliran sungai yang membelah Kota Bandung itu berada di dalam area lokasi yang dulu dikenal dengan Kebun Binatang Bandung.
 
Kurator Bandung Zoo Panji Ahmad Fauzan mengatakan, kegiatan bebersih sungai itu dimulai sejak pukul 9.00 WIB, Senin (4/3/2019). Para karyawan dari berbagai bidang itu mulai nyemplung ke sungai sepanjang 800 m.
 
"Kami memilih membersihkan sungai karena berkaitan dengan program Pemerintah Provinsi Jabar yang tengah gencar membersihkan Citarum. Sungai Cikapundung ini bermuara ke sana," kata Panji.
 
Menurutnya, program bebersih ini menarik karena Bandung Zoo menjadi bagian dari 57 lembaga konservasi di Indonesia yang hari ini serentak melakukan kerja bakti di lokasi masing-masing. 
 
Kerja bakti ini merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diprakarsai Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.
 
"Sebenarnya kami rutin membersihkan sungai ini. Tapi untuk hari ini kami merasa perlu menggali, membersihkan semua sampah plastik, dan rumput-rumput yang terbawa arus dalam dua pekan terakhir," ucapnya.
 
Fauzan mengaku, dalam dua pekan terakhir terdaoat dua kali hujan besar yang membawa sejumlah sampah plastik dan lumpur. 
Kerja bakti di Bandung Zoo itu diikuti divisi konservasi, maintenance, bangunan, kebersihan, hingga divisi mainan dan rekreasi. Selain sungai Cikapayang, kerja bakti hari ini juga meluas hingga area parkir gate 3. 
 
"Disini kami khusus membersihkan sampah plastik dan merapikan tumpukan daun kering" ujarnya.