Bupati Cirebon Bantah Hubungan dengan Pemprov Jabar Tidak Harmonis

Bupati Cirebon Bantah Hubungan dengan Pemprov Jabar Tidak Harmonis
Bupati Cirebon Imron Rosyadi. (maman suharman)



INILAH, Cirebon - Bupati Cirebon, Imron, membantah tudingan, hubungan Pemkab Cirebon dan Pemprov Jabar tidak harmonis. Imron mengaku, selama ini hubungan tersebut tidak ada masalah. Terlebih, hubungan dirinya dan Gubernur Ridwan Kamil (RK) sejak dahulu sudah terjalin cukup erat.

"Itu isu tidak benar. Hubungan saya dan Pak RK baik baik saja. Kalau bicara pemkab ya berarti hubungan saya dengan Pak RK dong. Ini hoax dan tidak masuk akal," kata Imron, Minggu (18/4/2021).

Menurut Imron, sejak dirinya menjadi Kemenag di Bandung, hubungan dengan RK sudah terjalin sangat baik. Apalagi, saat ini dirinya menjadi Bupati dan RK menjadi gubernur, dipastikan semakin baik lagi. Namun adanya asumsi bahwa Pemprov Jabar meng anak tirikan Kabupaten Cirebon dalam berbagai bantuan anggaran, harus dikaji lebih dalam lagi.


"Perlu kajian mendalam kalau isunya Pemprov Jabar meng anak tirikan Kabupaten Cirebon. Tapi selama ini bantuan lancar lancar saja. Dan saya intens melakukan komunikasi dengan RK," elak Imron.

Namun dirinya tidak menampik, kalau memang banyak proyek-proyek yang di danai provinsi kualitasnya kurang bagus. Bisa saja, isu itu mengemuka ditambah dengan terhentinya bantuan menyelesaikan proyek GOR Watubelah.
Namun, kembali Imron memastikan hubungan dengan RK tidak ada masalah. Dirinya bahkan mengaku, sering menghadap ke Gedung Sate untuk melakukan diskusi dengan RK.

"Minggu kemarin saya bertemu RK di gedung sate. Kita ngobrol banyak hal terutama bagaimana begitu besarnya Pemprov Jabar perhatian kepada Kabupaten Cirebon. Pokoknya saya tegaskan sekali lagi, hubungan saya dan Pak RK, tidak ada masalah. Saya juga terus meminta RK supaya bantuan untuk Pemkab Cirebon diperbanyak," ucap Imron.

Ironisnya, komentar Imron bertolak belakang dengan asumsi beberapa anggota DPRD Kabupaten Cirebon. Ketua Komisi III, Hermanto jelas-jelas menuding, bahwa hubungan Imron dengan RK, kurang harmonis. Dalam beberapa statementnya, Hermanto menyebutkan perhatikan Pemprov  Jabar ke Kabupaten Cirebon, sangat kurang. 

"Saya melihat dari kacamata politik, memang perhatian Pemprov Jabar untuk Kabupaten Cirebon, tidak seperti.perhatian ke Kabupaten lain di Jawa Barat," ucapnya beberapa waktu lalu.

Hermanto juga sempat menilai, kalau hubungan Pemprov dengan Pemkab Cirebon baik baik saja, mana mungkin beberapa proyek  Banprov, terbengkalai. Dia menyebutkan, proyek GOR Watubelah, proyek jalan  PPIP Gebang yang mangkrak hampir 18 tahun salah satu bukti nyata, perhatian Pemprov Jabar untuk Kabupaten Cirebon, kurang. 

Bahkan Hermanto menduga, kurangnya perhatian Pemprov Jabar akibat tidak puasnya Pemprov dengan kualitas bangunan dari  yang dikucurkan dari dana Banprov. Hermanto sempat memberikan masukan, supaya kalau ada proyek Banprov, Kabupaten Cirebon hanya menerima manfaatnya saja dan tidak terlibat dalam pelaksanaan proyeknya. (maman suharman)