Ridwan Kamil Apresiasi Film 'Sisterlillah The Movie'

Ridwan Kamil Apresiasi Film 'Sisterlillah The Movie'
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah). (Antara Foto)



INILAH, Bandung- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil mengapresiasi film berjudul "Sisterlillah The Movie (Siblings Version)" di bioskop yang menampilan kakak-beradik, Oki Setiana Dewi, Shindy Putri dan Selebgram Ria Ricis dalam satu layar.

"Pertama saya mengapresiasi, tolong media sebarluaskan. Pandemi ini mengajarkan harus tetap produktif walaupun sedang pandemi. Selama semuanya terukur, protokol kesehatan. Kalau itu sudah dilakukan di bioskop, saya sudah mulai nonton lagi ini, di bioskop, alhamdulillah. Tentunya dengan film yang pas di bulan ramadhan, tentang pentingnya hubungan kakak adik untuk saling menjaga lah," kata Kang Emil seusai gala premier Film Sisterlillah The Movie di CGV PVJ Bandung, Minggu.

Kang Emil mengaku bangga karena film ini diproduksi oleh banyak orang Jawa Barat dengan kualitas cinematografi dan jalan cerita yang luar biasa.


"Mudah-mudahan bisa ditonton oleh semua yang rindu nonton film Indonesia daripada nonton drakor-drakor (drama korea) terus," kata dia.

Ia menuturkan berdasarkan informasi yang diperolehnya, selain ditayangankan di bioskop film ini akan ditayangkan di aplikasi streaming film Muflix.

"Jadi Muflix itu platform seperti Netflix, tapi ini mah buatan anak Bandung. Tolong promosikan, Muflix sebagai alternatif dari Netflix lah. Muflix ini khusus film-film yang inspiratif," kata dia.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini juga memuji sutradara film ini yakni Adis Kayl Yurahmah dan penulis filmnya Abay Adhitya yang sudah dengan apik menggarap film ini.

"Keren mbak adis, cinematografinya juga bagus dan juga penulisnya. Dan terakhir Jawa Barat selalu mendukung produksi film," kata dia.

Sebuah film produksi Teladan Cinema yang didistribusikan Muflix bergenre drama keluarga ini hadir ekslusif dalam suasana Ramadan 1442H. Film berjudul Sisterlillah The Movie (Siblings Version) dibintangi oleh kakak-beradik, Oki Setiana Dewi, Shindy Putri dan Ria Ricis yang bermain dalam satu layar.

Berdurasi 90 menit, film tersebut akan tayang perdana pada Senin, 19 April 2021.

Dalam film "Sisterlillah The Movie" (Siblings Version), kakak beradik beradu akting dalam memerankan kisah perjalanan perjuangan hidup, untuk menggapai impian dalam hubungan persaudaraan, persahabatan hingga asmara.

Film bernuansa Islami dan inspiratif ini merupakan karya dari Penulis Abay Adhitya yang digarap apik sang Sutradara Adis Kayl Yurahmah.

Executive Produser Sisterlillah The Movie (Siblings Version), Fery Hasan mengatakan, Film Sisterlillah yang diperankan 3 kakak beradik yakni Oki Setiana Dewi, Shindy, dan Ria Ricis akan menjadi film inspiratif bagi masyarakat khususnya muslimah di Tanah Air.

Menurut dia, garapan film ini bisa menjadi referensi masyarakat dalam mengambil pesan positif dalam Film Sisterlillah khususnya dalam keluarga. Minimnya film dengan tema keluarga di Tanah Air juga menjadi alasan kenapa Film Sisterlillah ini lahir.

"Film ini diperankan oleh tiga tokoh utama dengan karakter kuat. Karena seperti yang kita tahu, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga. Disamping itu, perempuan bisa menjadi apapun tanpa melupakan fitrahnya," kata Kang Fery Hasan yang juga merupakan Owner Founder CEO Muflix di Bandung, Minggu.

Kang Fery menjelaskan, dalam film ini digambarkan dengan jelas bagaimana ketiganya memerankan figur masing-masing, mulai dari menjadi seorang istri, ibu, pebisnis, ustazah, dokter dan juga konten kreator.

"Alasan itu juga kenapa kami memilih Oki, Ria Ricis dan Shindy dalam film ini. Dalam kehidupan nyata mereka punya beragam peran satu sama lainnya dan keluarga mereka," ujar dia.

Oki misalnya, kata Kang Fery, dia adalah seorang ibu dari 4 anak, namun juga memiliki peran penting diluar yaitu dikenal sebagai ustazah, ditambah lagi adalah seorang pebisnis serta artis.

Tidak jauh berbeda dengan Shindy, dia dikenal sebagai ibu dari satu anak, seorang dokter, beauty dan motivator dan juga sempat aktif di dunia tarik suara. Begitu juga dengan Ria Ricis, sosok anak muda yang penuh dengan talenta mulai dari konten kreator, pebisnis dan juga artis yang menjadi salag seorang YouTuber ternama di Ranah Air.

Fakta kehidupan itulah, yang diangkat dalam film ini agar bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat khususnya seorang muslimah jika kaum perempuan tidak melulu harus di dapur dan mengurus rumah. "Para perempuan bisa berkarya," tegasnya.

Kang Fery mengungkapkan, tiga pemeran utama dalam Film Sisterlillah (Siblings Version) ini berhasil mewakili ruh dalam memberikan inspirasi kepada beragam kalangan. Semuanya itu terangkum sangat baik lewat balutan akting dari para pemeran film yang terlibat.

Sinopsis film

Film Sisterlillah berkisah mengenai kisah inspirasi dari pribadi artis yang kini banyak berkecimpung di dunia dakwah Islam, Oki Setiana Dewi. Oki tumbuh bersama dua saudara kandungnya Shindy Putri, dan Ria Ricis.

Dalam salah satu adegan di film Sisterlillah, ayah mereka bertiga sempat berujar bahwa menjadi anak perempuan hanya akan berujung pada urusan dapur. Namun, ketiga bersaudara itu punya pikiran yang berbeda dari orang tua mereka.

Sejak saat itu Oki, Shindy, dan Ria berprinsip bahwa perempuan harus mengejar cita dan cinta. Perempuan juga harus memiliki pendidikan yang baik karena tugasnya kelak tak cuma urusan dapur, tetapi juga membentuk peradaban Islam.

Namun ternyata tekad menjadi muslimah yang tangguh saja tak cukup membuat jalan hidup ketiganya mulus. Oki dan saudara-saudaranya banyak menemui rintangan, mulai dari pola pikir orang lain yang tak sejalan hingga kondisi lingkungan yang jauh dari kata ideal. Keadaan itu tak membuat semuanya menyerah. Sebaliknya Oki, Shindy, dan Ria berjanji akan saling mendukung satu sama lain sampai kapanpun.

Cerita dalam film Sisterfillah diangkat dari kisah kehidupan inspirasi nyata tiga bersaudara asal Kota Batam, Kepulauan Riau tersebut. Di dunia nyata kehidupan Oki, Shindy, dan Ria tak kalah inspiratif.