Ridwan Kamil Tegaskan Sikapi Pandemi Dengan Menjalankan Protokol Kesehatan

Ridwan Kamil Tegaskan Sikapi Pandemi Dengan Menjalankan Protokol Kesehatan
istimewa



INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kunci untuk menyikapi pandemi Covid-19 adalah melaksanakan protokol kesehatan. Hal tersebut dia sampaikan setelah sang Istri, yakni Atalia Praratya dinyatakan positif atas penyakit tersebut. 

 

Ridwan mengatakan, sang Istri memang telah mendapatkan dua kali suntikan dosis vaksin Covid-19 sebelumnya. 


 

"Ibu memang sudah disuntik vaksin dua kali, tapi teorinya, vaksin itu loading si antibodinya, dan loadingnya itu maksimal dua bulan, 60 hari. Jadi kalau sebelum 60 hari, jangan mengasumsikan walaupun divaksin, sudah divaksin dua kali, seolah-olah udah bebas dari potensi terpapar Covid-19," katanya di Parijs van Java, Minggu (18/4/2021).

 

Karena itu, dia menekankan, melaksanakan protokol kesahatan adalah kunci pencegahan dari Covid-19. Di samping itu, dia meminta doa untuk kesembuhan sang Istri. 

 

"Kuncinya tetap protokol kesehatan. Hanya itu yang bisa menyelamatkan kita. Dan mohon doanya saja karena Bu Cinta sedang isolasi mandiri. Ya saya sebagai suami lahir batin, ya sedih ada lah ya, karena hanya bisa melihat kejauhan," katanya.

 

Di antara lingkungan Rumah Dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, katanya, hanya Atalia yang positif Covid-19. Akhirnya, Ridwan Kamil dan Atalia pun harus pisah ranjang sementara, karena dipisahkan oleh dinding kamar ruang isolasi mandiri.

 

"Jadi, dekat tapi dibatasi kaca. Dadah-dadah kiss bye-kiss bye via kaca aja. Mudah-mudahan dan kuncinya imun naik kalau gembira bahagia ya. Jadi saya coba memahami batin orang yang terkena Covid-19, khususnya istri sendiri," katanya.

 

Malam pertama menjalani isolasi mandiri di Gedung Pakuan, Sabtu (17/4), Atalia Praratya ditemani Sang Suami, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menemani dari luar kamar isolasi, sambil tiduran di sofa teras kamar.

 

Hal tersebut dipublikasikan Atalia lewat video unggahan akun instagram pribadinya, Minggu (18/4). Video tersebut memperlihatkan Kang Emil tiduran di sofa teras kamar sambil memainkan tablet elektroniknya. Kemudian memberikan ciuman jarak jauh kepada Atalia yang berada di dalam kamar isolasi, dipisahkan kaca jendela.

 

"Malam di hari 1. Setianya Kang Emil sampai larut malam jagain di luar ruangan isolasi. Ih terharuuuu," kata Atalia dalam unggahan tersebut.

 

Unggahan tersebut pun mendapat komentar dan doa dari 690 lebih warganet lainnya, berharap Atalia segera sembuh. Mereka pun berkomentar bahwa Kang Emil sangat romantis menemani istrinya yang tengah menjalani isolasi mandiri, walau terpisah dinding dan kaca.

 

"Meni gemoy kitu A Emil anyun-anyun gemes," komentar akun @ririangraeni9.

 

"So sweet kitu. Enggal damang Bu," komentar @dey_gallery07.

 

Atalia pun pada unggahan instagram story-nya memperlihatkan sarapan obat yang harus dimakan pada pagi hari. Selain meminum obat dari dokter, Atalia pun meminum obat tradisional.

 

Atalia menjalani isolasi mandiri di salah satu ruangan di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, mulai Sabtu (17/4). Hal tersebut dinyatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui postingan instagram pribadinya.

 

"Mulai hari ini hanya bisa melihatnya dari balik kaca. Semoga Allah mengangkat penyakitnya, aamiin," kata Ridwan Kamil melalui instagram story pribadinya, Sabtu (17/4).

 

Sebelumnya, Ridwan Kamil melalui akun instagram pribadinya pun mengumumkan hal tersebut. Ia meminta doa dari semua masyarakat untuk kesembuhan istrinya. Sedangkan dirinya dan anggota keluarga lainnya dinyatakan negatif.

 

"Ibu Cinta @ataliapr hari ini terpapar Covid-19. Namun tidak ada gejala sama sekali. Sehingga sekarang sedang isolasi mandiri. Saya pribadi dites PCR dan hasilnya negatif, juga anak-anak kami negatif Covid," katanya.

 

Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatannya supaya memperkecil kemungkinan tertular Covid-19.

 

"Mari selalu jaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat. Mari selalu jaga protokol kesehatan ke mana pun kita pergi," katanya.

 

Sebelumnya diberitakan, Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, menyatakan bahwa dirinya positif terinfeksi Covid-19. Hal tersebut disampaikan melalui akun instagram pribadinya @ataliapr, Sabtu (17/4).

 

"Punten ada kabar kurang baik. Saya positif Covid-19, CT 14, Tidak terasa apa-apa, penciuman normal, hanya kemarin, kepala sedikit pening. Saya pikir karena kehujanan," kata Atalia dalam postingannya tersebut.

 

Atalia mengatakan, selama sebelum dinyatakan positif Covid-19, dia bertemu dengan banyak orang. Sehingga, bagi yang melakukan kontak erat dengannya diharapkan tetap menjaga diri. 

 

Sehari sebelum dinyatakan positif Covid-19, Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, menjalani serangkaian agenda padat. Hal tersebut diunggahnya seperti biasa melalui instagram story akun pribadinya @ataliapr, Jumat (16/4).

 

Melalui instagram story, Atalia mengatakan penjalani diskusi melalui Podcast Juara Bubos5 (Buka Bersama on the Screen) di Gedung Pakuan. Kemudian melakukan pertemuan dengan para sponsor dan calon sponsor Bubos5 secara virtual. 

 

Atalia pun menjadi narasumber Japri terkait Bubos5 bersama Istri Wagub Jabar, Kepala Diskominfo Jabar, Kadisdik, dan Kepala Biro Pemotda Jabar, di Gedung Sate. Setelahnya, melaksanakan konferensi pers di Gedung Sate, sampai membagikan baksos menjelang magrib.

 

"Mohon dimaafkan, saya juga tidak tahu tertular siapa karena banyak sekali yang saya temui termasuk masyarakat. Kepada yang merasa ada kontak erat dengan saya, mohon sekali untuk segera melakukan pemeriksaan ya," katanya.

 

Namun demikian, Atalia mengatakan semua keluarga dan kontak dekatnya sudah dinyatakan negatif Covid-19, termasuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

 

Atalia menuturkan, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat dalam setiap kegiatannya, terutama memakai masker. Ia pun selalu membawa dan menggunakan hand sanitizer. Padahal Atalia sendiri telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 awal bulan lalu.

 

"Saya termasuk orang yang apik sekali menggunakan masker. Ke mana-mana juga suka diingatkan hand sanitizer, tetapi kehendak Allah SWT seperti itu, dan agak kaget. Mohon doa dari semuanya," ucapnya. 

 

Meski terkonfirmasi positif COVID-19, Atalia mengaku kondisinya saat ini baik-baik saja.  Atalia meminta kepada orang-orang yang pernah berkontak dengannya untuk memeriksa dan memantau kesehatannya.  (rianto nurdiansyah)