Tak Lagi Dapat Kesempatan, Ini Penjelasan Robert Alberts Mengenai Pemain Muda Persib

Tak Lagi Dapat Kesempatan, Ini Penjelasan Robert Alberts Mengenai Pemain Muda Persib
istimewa



INILAH, Sleman - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mulai memilah-milah pemain yang berhak tampil menjalani pertandingan di Piala Menpora 2021. Khususnya untuk pemain muda. 

Sejak memasuki babak delapan besar, para pemain muda yang didaftarkan sudah tak lagi mendapatkan kesempatan bermain. Hanya Beckham Putra Nugraha yang masih mendapatkan kepercayaan.

Bahkan, Beckham masih mendapatkan kesempatan tampil di babak semifinal. Sementara pemain muda lainnya seperti Bayu Mohamad Fiqri, Zalnando, Mario Jardel hingga Saiful hanya mendapatkan kepercayaan sampai fase grup saja. 


Robert membenarkan proses selektif dalam memainkan para pemainnya dalam mengarungi Piala Menpora 2021. Sebab targetnya untuk memainkan seluruh pemain, termasuk pemain muda, hanya sampai di fase grup. 

"Tentunya, setelah kami selesai dengan target memainkan semua pemain di fase grup. Seperti yang saya katakan berulang kali bahwa hanya ada satu pemenang di turnamen dan pemain juga ingin menjadi pemenang," ujar Robert.

Dengan alasan itu, Robert harus benar-benar pintar memilih para pemainnya. Terlebih, saat ini Persib Bandung sudah memasuki babak final. Bahkan lawan yang dihadapi adalah Persija Jakarta. 

"Jadi, ketika selesai mencapai target dasar, otomatis akan memainkan pemain yang sudah menunjukkan kebugaran, kekuatan dan kesiapan mental untuk memenangkan pertandingan," tegasnya. 

Ini juga, kata Robert, berlaku untuk pemain yang beroperasi sebagai kiper. Terbukti, kiper Persib kerap bergonta-ganti di setiap pertandingannya. Baik itu I Made Wirawan, Teja Paku Alam hingga Dhika Bayangkara. 

"Seperti yang saya katakan di pertanyaan sebelumnya, kami melakukan persiapan berdasarkan catatan ilmiah seperti kemampuan recovery, jarak di pertandingan, detak jantung, level laktat dari pemain, dan itu menjadi faktor yang menentukan siapa yang bermain. Karena sulit di turnamen seperti ini melakukan recovery untuk terus siap di satu laga ke laga lainnya," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)