KPU Purwakarta Mulai Sortir Surat Suara Untuk Pemilu 2019

KPU Purwakarta Mulai Sortir Surat Suara Untuk Pemilu 2019
INILAH, Purwakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk kebutuhan Pemilihan umum serentak yang akan digelar pada 17 April mendatang.
 
Dalam penyortiran salah satu logistik keperluan pesta demokrasi lima tahunan ini, lembaga penyelenggara pemilu itu mengerahkan sekitar 300 petugas yang merupakan warga sekitar.
 
Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan, kegiatan penyortiran ini dipusatkan di GOR Purnawarman, Kelurahan Sindangkasih. Mengingat, lokasi tersebut selama perhelatan Pemilu 2019 menjadi gudang untuk logistik ini.
 
"Penyortiran ini, dimulai dari surat suara Pilpres dan terus berlanjut hingga surat suara Pileg. Targetnya, 10 hari. Mudah-mudahan bisa selesai sesuai rencana," ujar Ahmad kepada wartawan, di lokasi kegiatan. 
 
Dalam kegiatan penyortiran ini, tentunya pihaknya pun melibatkan seluruh unsur untuk mengawasi. Termasuk, dari unsur kepolisian dan TNI. 
 
Adapun jumlah surat suara yang disortir mulai ini hari ini, terang dia, yakni sebanyak 700.842 lembar untuk kebutuhan Pilpres yang masih dikemas dalam box berjumlah 351 box. Setiap box, berisi 2.000 lembar surat suara. 
 
Terkait jumlah total seluruh surat suara untuk kebutuhan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Purwakarta, yakni 2.811.372 lembar. Terdiri dari 700.842 lebar surat suara pilpres, DPR RI 701.842 lembar, DPD 700.842 lembar, DPRD Provinsi Jabar 701.841 lembar, dan surat suara untuk DPRD 706.576 lembar.
 
Sementara itu, pantauan INILAH di lokasi, dalam penyortiran tersebut petugas terlihat banyak menemukan sejumlah surat suara dalam kondisi rusak. Namun petugas belum dapat menjumlah secara total, karena pelipatan belum selesai.
 
Para pekerja yang merupakan warga sekitar itu, juga telah telah memisahkan dan melaporkan surat suara yang ditemukan rusak itu. Adapun kondisi kerusakan yang dimaksud, di antaranya terdapat bercak cat di gambar, dan sobek. 

Loading...