Mini Bidik Pasar Premium Bandung

Mini Bidik Pasar Premium Bandung
INILAH, Bandung - Bandung diakui sebagai pasar potensial untuk pasar otomotif segmen premium. Di kota ini, brand asal Inggris ini membuka Pop-up Store Mini perdana di Indonesia.
 
Head of Mini Asia Kidd Yam mengatakan, Bandung merupakan pasar penting setelah Jakarta dan Surabaya. Pop-up Store Mini yang berlokasi di Trans Studio Mall (TSM) itu diakuinya sejalan dengan brand yang menyasar segmen pasar premium.
 
“(Pasar) Bandung ini penting. Indonesia itu key market di Asia. Dengan meluncurkan Mini Maxindo @TSM Bandung ini kita ingin membidik pasar premium yang menginginkan kendaraan itu lebih ke arah lifestyle dan ikonik,” kata Kidd saat peresmian Pop-up Store Mini di TSM, Selasa (5/3/2019).
 
Sedangkan, President Director PT Maxindo International Nusantara Indah Joe Surya menyebutkan pihaknya berkomitmen memberikan pengalaman dan program terbaik kepada para penggemar Mini di Bandung. Selain jumlahnya terus berkembang, Bandung merupakan market yang relatif  menjanjikan. 
 
Bertepatan dengan peremian outlet tersebut, Mini Indonesia memberikan kesempatan para fans Mini di Bandung menjadi saksi pertama dari peluncuran Mini 3-Door Black Edition. Dipilihnya Bandung menjadi kota pertama peluncuran mobil limited edition itu tak lepas dari karakteristik pasar Bandung.
 
“Kita menilai Bandung itu memiliki kekhasan tersendiri. Kota ini sangat lekat dengan lifestyle. Seri Mini 3-Door Black Edition ini dijual hanya sebanyak enam unik se-Indonesia. Mobil ini ditujukan untuk para kolektor. Nah, Bandung itu unik karena banyak kolektor kendaraan premium yang base-nya di kota ini,” jelasnya. 
 
Menurutnya, ketersediaan mobil sebanyak enam unit se-Indonesia itu mencukupi kebutuhan pasar. Sejauh ini, minatnya relatif besar dan ada pelanggan loyal yang memberikan inden. Dia meyakini, dengan status limited edition itu biasanya produk akan relatif cepat terjual.
 
Terkait layanan purnajual kendaraan yang dibanderol Rp770 juta (off the road) itu, Joe mengakui setiap unit dilengkapi Mini Service Inclusive. Layanan ini menawarkan perawatan regular tanpa biaya selama lima tahun atau 70.000 km dan garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. 
 
Kendaraan itu pun dilindungi BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun. Termasuk penggantian hingga empat ban per tahun yang mencakup biaya pembelian ban dan tenaga kerja 100%. Perlindungan ini mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, menggembung, torehan, ledakan, robek, dan kerusakan akibat kendaraan terus berjalan di atas ban kempes. 
 
Sementara itu, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania menuturkan pasar segmen premium di Tanah Air kini relatif tumbuh. Tren pasar segmen itu pun diakuinya meningkat signifikan dan cenderung terus meningkat hingga beberapa tahun ke depan. 
 
“Hingga saat ini, brand BMW dan Mini masih terus tumbuh. Angka penjualan kita relatif kuat dibandingkan dua tahun ke belakang. Ada peningkatan, namun tidak banyak. Yang pasti, market terus tumbuh itu terbukti dari catatan Januari-Februari 2019 penjualan meningkat 20%  jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama,” ucapnya.
 
Jodie mengakui, dari lima model produk Mini itu paling besar kontribusinya yakni model tiga pintu. Seri Mini 3-Door itu merupakan backbone penjualan dengan kontribusi sekitar 50% dari total penjualan semua model.
 
Dia menambahkan, untuk melakukan penetrasi pasar lebih dalam pihaknya konsisten untuk menjaga keunikan dan originalitas Mini yang ikonik dan mengusung gaya hidup. Selain itu, pihaknya menilai segmen pasar menengah ke atas di Indonesia ini terus meningkat.
 
Kendaraan Mini ini tidak pernah terpengaruh tren atau mode sesaat. Sebaliknya, Mini mewakili gaya hidup individualistis dan kosmopolitan yang berdiri dengan caranya sendiri. New Mini 3-Door Black Edition ini merupakan edisi individual yang secara eksklusif dirancang untuk market Indonesia. Tersedia dalam jumlah sangat terbatas, edisi khusus ini berdasarkan pada model Mini 3-Door Cooper S. 
 
Nama Black Edition hadir untuk menggambarkan opsional eksterior yang lebih gelap, dipimpin dengan warna eksterior midnight black metallic. Untuk menonjolkan eksklusivitasnya, eksterior dan interior garis krom mengiringi interior lounge dengan bahan kulit berkualitas tinggi dalam balutan dengan warna satellite grey. Panorama glass roof dan wireless charging di center console juga tersedia untuk pertama kalinya pada model Mini 3-Door yang dijual di Indonesia.