BKP Kementerian Pertanian Sidak Harga Bahan Pokok di Kabupaten Bogor

BKP Kementerian Pertanian Sidak Harga Bahan Pokok di Kabupaten Bogor
Ilustrasi/Reza Zurifwan



INILAH, Bogor- Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Citeureup dan Pasar Cibinong.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui harga bahan-bahan pokok seperti beras, gula pasir, cabai, bawang merah, bawang putih, telor ayam, daging sapi dan daging ayam.

"Hari ini bersama DKP Kabupaten Bogor, BKP Kementerian Pertanian melakukan sidak ke pasar tradisional di Kecamatan Citeureup dan Kecamatan Cibinong. Dari pantauan kami harga bahan-bahan pokok terbilang stabil dan bahkan turun jika dibandingkan sebelum Bulan Ramadhan," kata Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementerian Pertanian Risfaheri kepada wartawan di Pasar Cibinong, Jumat, (30/4).


Pria asal Sumatera Barat ini menerangkan jika harga cabai 'setan' stabil di angka Rp 60 ribu perkilogram, bawang merah Rp Rp 38 ribu perkilogram, gula pasir Rp 12.500 perkilogram, maka harga daging sapi, daging ayam dan telur ayam mengalami penurunan.

"Harga daging sapi segar yang awalnya Rp 140 ribu  kini Rp 120 ribu perkilogram, harga daging ayam turun dari Rp 40 ribu menjadi Rp 35 perkilogram dan harga telur ayam juga turun dari Rp 24 ribu menjadi Rp 22 ribu perkilogram," terangnya.

Diwawancarai di saat yang sama, Kabid distribusi dan cadangan pangan DKP Kabupaten Bogor Jona Sijabat menuturkan stabik atau turunnya harga bahan-bahan pokok diatas karena Pemkab Bogor sebelumnya telah mengintervensi harga bahan-bahan pokok dengan cara melaksanakan gelar pangan murah (GPM) di kecamatan-kecamatan padat penduduk.

"Dengan melaksanakan GPM, Pemkab Bogor berhasil menurunkan harga beberapa komoditi yang sebelumnya melonjak, penurunan harga itu mulai terjadi  di beberapa pasar seperti Pasar Bojonggede, Cibinong, Citeureup dan lainnya," tutur Jona. (Reza Zurifwan)