Lanjutkan Pemilu Damai Kota Bandung

Lanjutkan Pemilu Damai Kota Bandung

KOTA Bandung telah terbukti selalu kondusif saat menggelar pesta demokrasi. Mulai dari Pemilihan wali Kota, Gubernur, hingga Pemlihan Presiden 2014 lalu selalu berjalan lancar, aman, dan damai.

Melihat catatan tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku bangga dengan Kota Bandung. Selain karena kedewasaan dan kecerdasan warga, hal itu juga berkat kerja sama dan koordinasi antar instansi yang berjalan dengan baik.

Ia pun berharap, situasi tersebut kembali terulang saat Pemilu 2019 ini. “Kondisi ini antara lain karena kesigapan, kecepatan, dan kerjasama, khususnya Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Kejaksaan, dan Pengadilan dalam menyikapi Pemilu. Ini memberi keamanan secara maksimal,” ujar Yana saat Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda) Kota Bandung di Hotel Oasis Jalan Lombok Bandung, Selasa (5/3/2019).

Yana menyebutkan, penanganan keamanan, merupakan kewenangan Polri. Namun teknisnya dilaksanakan secara bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, dan komponen masyarakat lainnya.

Peran masyarakat, kata Yana, menjadi tokoh sentral pada Pemilu. Karena secara sosiologis dan geografis, masyarakat lebih memahami daerahnya sendiri.

“Jadi kami berharap seluruh elemen masyarakat dan penegak hukum dari mulai kewilayahan bisa mendeteksi dini potensi kerawanan. Ini menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat,” sambung Yana.

Kendati banyak perbedaan pilihan pada Pemilu 2019, Yana optimis, seluruh komponen masyarakat beserta penegak hukum dapat bersama-sama mengawal proses pesta demokrasi  dengan baik.

“Jadi dari mulai kampanye akbar, pawai, atau bentuk apapun, sampai nanti dilaksanakan pencoblosan, masyarakat beserta semua aparat kewilayahan harus saling berkoordinasi dan mengawal proses ini,” pinta Yana.

Rapat koordinasi itu dihadiri juga oleh Dandim 0618/BS, Kapolrestabes, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, dan Para Tokoh Masyarakat di Kota Bandung.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema menyebutkan, demokrasi di Kota Bandung sudah berjalan dengan baik selama ini. “Hal tersebut bisa kita lihat dari proses Pilkada. Seperti di pemilihan gubernur dan Wali Kota kemarin,” ujar Irman.

Irman juga berharap, pertemuan yang bersifat koordinasi ini dapat menjadi modal sosial dalam menghadirkan rasa nyaman dalam proses berdemokrasi di Kota Bandung.(*)