Soal Kerumunan di Pasar Baru, Begini Reaksi Oded

Soal Kerumunan di Pasar Baru, Begini Reaksi Oded
Wali Kota Bandung Oded M Danial (tengah). (Istimewa)



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial buka suara terkait kerumunan yang terjadi di Pasar Baru, Jalan Otto Iskandar Dinata, Kota Bandung pada Minggu (2/5/2021) kemarin. 

Kata dia, situasi itu memang tak dapat dihindarkan  menjelang perayaan Idul Fitri. Namun demikian, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah diintruksikan agar segera menindaklanjuti. 

"Yang namanya mau lebaran ada saja hal seperti itu. Tapi tetap, Mang Oded sudah ingatkan kepada teman-teman di lapangan, mereka harus mengupayakan memperkecil kerumunan," kata Oded, Senin (3/5/2021). 


Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengaku, telah menerjunkan 16 tim untuk mengawasi setiap pusat-pusat perbelanjaan di Kota Bandung. 

"Kita sudah menerjunkan 16 tim dari Disdagin Kota Bandung ke setiap mal dan retail, untuk melakukan pengawasan dan pemantauan protokol kesehatan menjelang Lebaran ini," kata Elly. 

Keramaian yang terjadi di Pasar Baru, dituturkan dia akibat lonjakan konsumen. Hal itu dilakukan dampak dari adanya rencana penyekatan yang akan mulai diberlakukan pada tanggal 6 Mei 2021. 

"Analisis kita, Sabtu-Minggu kemarin puncak belanja warga baik dalam Kota Bandung dan luar Kota Bandung. Karena memang banyak warga luar Kota Bandung yang nyerbu ke mal dan ritel di Kota Bandung," ucapnya. 

Disdagin Kota Bandung, ditegaskan dia telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan peningkatan pengawasan kerumunan, utamanya terhadap protokol kesehatan. 

"Kita lakukan koordinasi dengan memberikan arahan kepada ketua APPBI untuk disampaikan kepada para GM mal se Kota Bandung. Juga para pimpinan ritel dengan Aprindo, agar menerapkan prokes," ujar dia. (Yogo Triastopo)