Jelang Final DFB Pokal, Kondisi Haaland Masih Tanda Tanya

Jelang Final DFB Pokal, Kondisi Haaland Masih Tanda Tanya
Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland (kanan) menjalani sesi latihan bersama Jadon Sancho di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Rabu (12/5/2021), sehari jelang partai final Piala DFB Pokal melawan RB Leipzig. (antara)



INILAH, Bandung - Kondisi Erling Haaland masih dihinggapi tanda tanya apakah ia bisa tampil membela Borussia Dortmund untuk final Piala DFB Pokal melawan RB Leipzig di Olympiastadion pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Nama Haaland tercantum dalam rombongan skuad Die Schwarzgelben yang bertolak ke Berlin, tetapi pelatih interim Dortmund Edin Terzic baru akan memutuskan keterlibatan penyerang Norwegia itu di menit-menit akhir sebelum sepak mula.

Haaland sudah dua pertandingan terakhir absen dari Dortmund karena cedera otot yang dideritanya bulan lalu, tetapi ia sudah kembali ikut berlatih.


"Erling berlatih kemarin setelah hampir dua pekan di ruang medis. Kami tidak mau tergesa-gesa tetapi situasinya tampak baik dan kami akan meninjau lebih jauh bagaimana kondisinya," kata Terzic dalam jumpa pers pralaga virtual pada Rabu malam.

"Kami akan melihatnya hari ini, sebab ada sesi latihan singkat untuk memastikan apakah dia cukup siap untuk tampil besok. Besok juga kami masih berlatih dan dari situ baru akan diputuskan apakah dia bisa masuk skuad atau tidak," ujarnya menambahkan.

Haaland memang menjadi mesin gol utama Dortmund musim ini dengan raihan 37 gol dalam 38 pertandingan di semua kompetisi.

Kendati demikian, Terzic meyakini performa positif Dortmund yang selalu menang di dua pertandingan tanpa Haaland menjadi titik terang apabila penyerang berusia 20 tahun itu tidak bisa tampil.

Termasuk saat Dortmund menundukkan Leipzig di Liga Jerman akhir pekan kemarin dengan skor 3-2, yang secara tidak langsung membantu Bayern Muenchen mengunci gelar juara.

"Erling sudah dikenal kualitas dan bahayanya di Jerman maupun di kompetisi kontinental," kata Terzic.

"Namun, tanpa Haaland sekalipun kami mencetak delapan gol di dua pertandingan terakhir. Kualitas dan kekuatan Erling memang besar, tetapi tanpanya kami bisa mengatasi tantangan dengan cara berbeda juga," ujarnya menambahkan.

Laga kontra Leipzig besok akan menjadi penampilan ke-10 Dortmund di final DFB Pokal, yang terakhir kali mereka lakoni saat menjadi juara kompetisi itu pada 2017 lalu.

"Yang terjadi saat ini adalah paduan kegembiraan dan tensi. Dortmund sudah empat kali memenangi piala ini dan besok kami ingin meraih trofi kelima," kata Terzic.

Trofi DFB Pokal jelas bakal menjadi hiasan tenor singkat Terzic yang ditunjuk sebagai pelatih interim sejak 13 Desember menggantikan Lucien Favre.

Musim depan, jabatan Terzic bakal digantikan secara permanen oleh Marco Rose yang diboyong dari Borussia Moenchengladbach. (antara)