Kebun Raya Cibodas Rangkul UMKM Saat Libur Hari Raya

Kebun Raya Cibodas Rangkul UMKM Saat Libur Hari Raya
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Bogor- Kebun Raya Cibodas bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur, Jawa Barat, merangkul pelaku UMKM dengan cara membuka stand di pintu masuk kebun raya, sebagai upaya meningkatkan kembali roda perekonomian selama libur panjang hari raya.

General Manager Kebun Raya Cibodas, Teguh Dwiyanto saat dihubungi Minggu, mengatakan untuk membantu menyediakan pasar bagi pelaku UMKM yang didominasi menjajakan produk unggulan khas Cianjur, pihaknya mendirikan puluhan stand tepat di pintu masuk KRC, dimana pengunjung dapat langsung memilih produk yang mereka inginkan mulai dari makanan hingga cindera mata.

"Kami bersama pemerintah daerah mendirikan puluhan stand yang diisi 16 pelaku UMKM sekitar Cianjur, mulai dari jajanan khas Puncak-Cipanas hingga cinderamata yang identik dengan obyek wisata yang ada. Ini salah satu upaya KRC membantu membangkitkan perekonomian lokal," katanya.


Ia menjelaskan memasuki hari ke empat lebaran, tingkat kunjungan masih terlihat tinggi diangka 3.000 orang pengunjung, namun dibandingkan dua tahun sebelum pandemi, jumlah tersebut sangat rendah karena angka kunjungan dapat mencapai puluhan ribu orang.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung, pihaknya menambah personil khusus untuk memeriksa suhu tubuh hingga mengingatkan pengunjung tetap menjaga prokes selama berada di obyek wisata yang memiliki koleksi jutaan tanaman dan pohon besar itu.

Sementara pelaku UMKM yang mengisi stand di KRC, berharap seluruh tempat wisata di Cianjur, dapat melakukan hal yang sama, dimana pelaku usaha sudah dapat menjajakan produknya langsung tidak lagi secara online. Meski mulai berjualan secara langsung, pelaku usaha tetap menerapkan prokes sebagai jaminan kesehatan untuk diri sendiri dan pembeli.

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diberikan KRC untuk kami menjajakan berbagai produk khas Cianjur. Kami berharap kegiatan ini menjadi contoh bagi pengelola tempat wisata termasuk hotel di Cianjur, menyedikan stand untuk UMKM," kata pemilik stand yang mejajakan oleh-oleh khas Cianjur, Muniarti.