Anak Anda Kritis Bertanya Sesuatu, Inilah Tips Menghadapinya

Anak Anda Kritis Bertanya Sesuatu, Inilah Tips Menghadapinya
Ilustrasi

INILAH, Jakarta - Anak-anak saat ini kerap melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis. Sebagai orang tua, tidak perlu bingung untuk menghadapinya.

Menurut psikolog pendidikan dan pendiri Rumah Dandelion, Binky Paramithan, orang tua bisa bertanya lebih dahulu dari mana anak mendapatkan kalimat-kalimat kritis tersebut.

"Kita tanya dulu anak itu lihat apa dan tiru siapa kalau hubungan berjalan baik dengan orang tua, anak biasanya akan oke saja tuh untuk ngomong sama orang tuanya. Mereka bisa lihat dari televisi atau apalah," kata Binky saat ditemui di acara ELC, Jakarta, Rabu, (6/3/2019).

Masih menurutnya, tidak hanya kalimat kritis. Anak juga kerap melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Jika anak suka menampilkan kelakuan yang agak keras, seperti kerap melemparkan barang-barang atau mainan, ini harus diberi tahu lebih sejak dini.

"Kalau lagi main terus dia lempar-lempar ya kita bilang itu tidak baik ya. Kita bisa kasih tahu coba deh kamu jadi apa, terus kamu yang dilemparin itu kan enggak enak ya," tambahnya.

Jadi dengan begitu, dia melanjutkan, orang tua bisa mengarahkan anak dengan kegiatan yang positif dan kebaikan. (inilah.com)