Musik Rock 70-an Belum Padam, HIGH-X Rilis Single Hoax

Musik Rock 70-an Belum Padam, HIGH-X Rilis Single Hoax
istimewa



INILAH, Bandung-Kala itu di era 1970-an, musik rock berkembang dengan beberapa sub kategorinya, sebut saja heavy metal, glam rock, hard rock, hingga progressive rock. Era kejayaannya memang telah berlalu, namun hingga 2021 pun tetap digandrungi bahkan banyak band yang mengusung aliran tersebut.

 

Salah satunya datang dari Kota Bandung, yaitu kelompok musik HIGH-X. Kehadiran Band yang digawangi Fhai Liovin (vocal), William Agathan (gitar), Widi Permana (bass) dan Angga Kusmayana (drum) ini menjadi salah satu potret yang menunjukan bahwa semangat musik rock 1970-an tidak pernah padam. 


 

Fhai menyampaikan, personil HIGH-X memang berasal dari berbagai latar belakang genre yang berbeda. Namun ada satu benang merah yang mempertemukan mereka, yaitu berada dalam satu semangat di musik rock.  

 

"Kita percaya yang suka musik rock seperti kita ini tidak sedikit, tapi banyak," ujar Fhai. 

 

Fhai dan HIGH-X juga optimis masih dapat terus berkarya, kendati dunia hiburan kini tengah terkatung-katung lantaran Pandemi Covid-19. Tak ayal, Band yang terbentuk pada tahun 2020 ini mampu merilis satu single bertajuk "Hoax". 

 

Bicara soal musik di lagu tersebut, HIGH-X menyajikan distorsi Gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat.

 

"Lirik di single ini, HIGH-X mencoba untuk mewakili suara masyarakat. Karena fenomena yang terjadi saat ini, menurut pandangan kami begitu banyak kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga masyarakat terjebak di antara kebenaran dan kebohongan," paparnya. 

 

Sementara itu, William menambahkan, kehadiran Band HIGH-X berawal saat dia bersama Widi memiliki projek akustik. Lalu dia memiliki ide untuk mempertemukan dengan Fhai dan juga Angga. 

 

Di mana Fhai sempat menjadi backing vokal di band sebelumnya, yaitu Brother Jack. Begitu juga Angga, yang juga pernah bertugas menjaga ritme sebagai drumer di band tersebut. 

 

"Akhirnya kami bertemu, dan merasa nyambung. Terus kami membuat band HIGH-X ini," ujar William. 

 

Lebih lanjut, William menilai, di era digital ini bukanlah hambatan bagi HIGH-X untuk dapat menyampaikan lagu lagu mereka kepada para pendengar. Kendati kini rilisan fisik seperti kaset dan CD cenderung ditinggalkan, namun cukup banyak platform digital yang dapat mewadahi. 

 

Begitu pula soal video klip yang dewasa ini tidak melulu harus ditayangkan di stasiun televisi. 

 

"Single kami yang berjudul Hoax, saat ini sudah bisa dilihat di YouTube. Lagu kami juga bisa didengar melalui beberapa platform seperti spotify dan apple music," pungkasnya.  (Riantonurdiansyah)