Subang Bebas dari BAB Sembarangan, DPRD Apresiasi

Subang Bebas dari BAB Sembarangan, DPRD Apresiasi



INILAH, Subang – Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mendukung penuh dan mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Subang dalam mewujudkan desa yang Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan, guna menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Langkah tersebut akan menjadikan Subang sebagai kabupaten pertama di Jawa Barat, yang menggunakan sistem tersebut usai 190 desa dinyatakan sebagai Desa ODF.

Anggota Komisi V DPRD Jabar Abdul Muiz dalam rapat bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Subang membahas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh dan mengawal, khususnya terkait pendanaan agar program tersebut dapat berjalan lancar.


"Kami mengapresiasi langkah Pemkab Subang dalam mewujudkan Subang yang ODF, serta kami juga akan mengawal pendanaan melalui perencanaan pada Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat," ujarnya, Jumat lalu.

Hal senada disampaikan anggota Komisi V lainnya, Nina Nurhayati. Dia pun mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk bersama-sama mewujudkan Subang sebagai kabupaten ODF. Nina mengaku akan berupaya semaksimal mungkin, agar rencana tersebut dapat segera terealisasi.

"Sebagai perwakilan masyarakat Subang, saya khususnya akan berjuang untuk bisa mewujudkan subang sebagai Kabupaten ODF. Harapannya kepada masyarakat, bisa melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini mengingat sarana dan prasarana untuk sanitasi yang sehat sudah difasilitasi oleh pemerintah," tutupnya. (Yuliantono)