Huawei AppsUP 2021, Kompetisi Inovasi Aplikasi Tahunan Berskala Global

Huawei AppsUP 2021, Kompetisi Inovasi Aplikasi Tahunan Berskala Global
Ilustrasi (Antara)



INILAH, Bandung - Huawei Mobile Services (HMS) menggelar AppsUP 2021, kompetisi inovasi aplikasi tahunan berskala global. Di level Asia Pasifik, para peserta AppsUp 2021 akan mengasah keahlian dan bakatnya untuk merebut hadiah total senilai 200 ribu dolar Amerika.

Tujuan kompetisi ini adalah untuk menginspirasi dan membantu pihak pengembang aplikasi untuk menggunakan dan mengintegrasikan HMS Core Kits dalam pembuatan aplikasi inovatif. AppsUP 2021 digelar di lima wilayah, Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Tiongkok Daratan, serta Timur Tengah dan Afrika.

AppsUP 2021 Asia Pasifik akan terdiri dari 10 kategori penghargaan yakni Best App, Best Game, Best Social Impact Award, Honorable App Award, dan Most Popular App Award, serta beberapa kategori baru seperti AppGallery Rising Star Award, Best Fintech Innovation Award, Best HMS Core Innovation Award, Excellent Student Award, dan Tech Women's Award.


Sebanyak 20 aplikasi terbaik akan terpilih berdasarkan valuasi sosial, valuasi bisnis, pengalaman pengguna dan inovasi. Huawei Senior Vice President and Member of the Board Catherine Chen bergabung dengan acara tersebut dan menyaksikan pembukaan bersama para tamu terhormat secara online

Catherine Chen menyampaikan pidato pembukaan berjudul "Bintang Cemerlang tidak akan pernah padam selama kita saling bahu-membahu untuk bergerak maju". Selain menyoroti pentingnya acara tersebut, Catherine juga berbagi beragam studi kasus khusus untuk mendorong lebih banyak pengembang dalam mengejar impian mereka, serta berbicara tentang program Huawei Women Developers.

Dengan program ini, semakin banyak perempuan di bidang teknologi yang memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menunjukkan eksistensi serta kemampuan mereka.

"Di beberapa kesempatan saya telah menyampaikan bahwa kita telah memasuki dunia yang cerdas dan hidup di masa yang penuh dengan aplikasi. Aplikasi telah membuat hidup dan pekerjaan lebih mudah dari sebelumnya, dan ini adalah berkat kerja keras dan kontribusi dari puluhan ribu pengembang," ujar Catherine dalam keterangan resminya pada Senin.

Bagaimana Huawei dapat menyederhanakan pekerjaan para pengembang? Bagaimana Huawei dapat membantu pengembang hebat bisa menonjol? Bagaimana Huawei memungkinkan lebih banyak pengembang untuk berinovasi dan menciptakan nilai bagi masyarakat tanpa hambatan? Huawei sering mengajukan pertanyaan ini kepada

pihaknya sendiri sebagai platform dan berharap dapat memberikan jawaban melalui ekosistem HMS dan acara AppsUP ini.

"Ekosistem HMS melampaui produk dan layanan Huawei sendiri dan kami membuka lebih dari sekadar antarmuka API. Kami berharap dapat menjadi center of excellence yang menghubungkan konsumen, pengembang dan penyedia layanan pihak ketiga, sehingga mampu menghadirkan pengalaman premium yang lebih beragam kepada konsumen," kata Catherine.

"Saat ini, AppGallery kami tersedia di lebih dari 170 negara dan wilayah. Melalui jaringan yang luas ini, kami ingin setiap aplikasi dan layanan inovatif dapat menjangkau dan memberi manfaat kepada setiap pengguna perangkat di seluruh penjuru dunia," imbuh Catherine.

Dengan dukungan dari pengembang dan mitra di seluruh dunia, ekosistem HMS membuat langkah besar secara global. Didukung oleh keterbukaan Huawei dan komitmen mewujudkan kesuksesan bersama, ekosistem ini telah menjadi ekosistem aplikasi seluler terbesar ketiga di dunia.

Pada akhir Desember 2021, lebih dari 4 juta pengembang telah terdaftar di HMS dan lebih dari 134.000 aplikasi terhubung ke HMS Core.

"Di Huawei, kami ingin membangun masyarakat digital yang sangat inklusif dan menyediakan akses teknologi bagi semua pihak. Lewat platform, perangkat pengembangan aplikasi, dan sumber daya teknologi Huawei yang mudah diakses, kami membantu kalangan pengembang dari segala jenjang. Dengan demikian, mereka dapat memamerkan keahliannya kepada dunia," kata Shane Shan, Director, APAC Huawei Consumer Cloud Service.

Melihat hal tersebut, AppsUP 2021pun menambah jumlah kategori penghargaan hingga menjadi dua kali lipat. Beberapa kategori penghargaan terbaru dipersembahkan untuk para pengembang dari kalangan pelajar, perempuan dan pemula yang baru memanfaatkan ekosistem perangkat seluler HMS.

Dukungan lengkap bagi pengembang aplikasi

Selain menyediakan hadiah berupa uang tunai, AppsUP 2021 juga menawarkan akses cepat untuk memanfaatkan ekosistem seluler terbesar ketiga. Kompetisi ini pun menjadi batu loncatan bagi pihak pengembang yang ingin merambah pasar global.

Dengan bergabung dalam kompetisi ini dan meluncurkan aplikasinya pada AppGallery, pihak pengembang mampu segera mengakses ke lebih dari 730 juta pengguna ponsel pintar Huawei di seluruh dunia. Mereka juga semakin dekat dengan sejumlah mitra dan investor potensial.

Pihak pengembang di Asia Pasifik bisa memperoleh berbagai jenis dukungan teknis, termasuk lokakarya yang dibimbing langsung oleh para ahli Huawei dan juri kompetisi. Para finalis juga dapat menerima fasilitas promosi media global dan aktivitas pemasaran bersama Huawei.

Pendaftaran AppsUP 2021 dibuka hingga 20 Agustus 2021. Kompetisi ini terbuka untuk seluruh pengembang dan pemilik aplikasi seluler, baik dari kalangan pelajar, profesional, usaha rintisan, atau perusahaan.

Selain itu, mereka harus berbasis di Asia Pasifik dan mendaftarkan aplikasi yang terintegrasi dengan minimum satu HMS Core Kit.

Pengembang dapat mengikuti kompetisi secara perorangan atau tim yang beranggotakan tiga orang. Informasi pendaftaran AppsUP 2021, atau informasi lebih lanjut termasuk jadwal lokakarya mendatang dan daftar dewan juri, tersedia di http://bit.ly/appsupapac-prid.

Untuk akun Pengembang Huawei yang baru didaftarkan akan memperoleh Kupon Grab Ride senilai Rp10.000. Daftarkan diri Anda sekarang di http://bit.ly/reghwidgrab-id. Waktu pendaftaran terbatas, syarat dan ketentuan berlaku. (antara)