Kodim 0620 Kabupaten Cirebon Gelar TMMD 

Kodim 0620 Kabupaten Cirebon Gelar TMMD 
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Kodim 0620 Kabupaten Cirebon melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan di Desa Dompyong Kulon Kecamatan Gebang, Selasa kemarin. Pelaksanaan TMMD Imbangan ini dilaksanakan selama satu bulan dari 15 Juni sampai 14 Juli 2021. 

Dandim 0620 Kabupaten Cirebon Letkol Inf Sugir mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan wujud sinegritas TNI dengan pemerintah daerah. Tujuannya untuk membantu Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam rangka percepatan pembangunan. 

"TMMD Imbangan ini kita laksanakan di Desa Dompyong Kulon dengan sasaran kegiatan fisik dan nonfisik," kata Sugir, Kamis (17/6/2021)


Menurutnya, kegiatan TMMD Imbangan nantinya akan menyasar di beberapa titik lokasi. Untuk program fisik, akan ada pembangunan jalan hotmik persawahan dengan panjang 700 meter dan lebar 3 meter. Disamping itu, akan dibuat tembok penahan tanah sepanjang 412 meter.

"Sedangkan untuk kegiatan program non fisik, nantinya anggota akan melakukan pendampingan dan penyuluhan terhadap masyarakat didesa," ungkapnya.

Pihaknya juga akan memaksimalkan anggaran untuk dipergunakan dalam kegiatan TMMD Imbangan. Anggarannya sendiri sebesar Rp750 juta, termasuk melakukan rehap rutilahu sebanyak 4 unit, musholla 2 unit, pembuatan pos kamling 2 unit serta pembangunan TPQ. Pihaknya juga bekerja sama dengan bank bjb cabang Sumber.

Selain itu, lanjut Sugir, ada juga program kesehatan untuk masyarakat Dompyong. Kegiatan itu dibantu oleh  Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dan dari Polri. "Hari ini ada 26 anak yang dikhitan dan melakukan layanan KB," tambahnya. Ia berpesan kepada masyarakat, agar ke depannya hasil TMMD Imbangan dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0620 Kabupaten Cirebon yang sudah menyelenggarakan TMMD Imbangan di Desa Dompyong. Imron berharap, hasil dari TMMD Imbangan ini bisa dirasakan masyarakat sekitar dan dapat membantu pemerintah dalam bentuk pembangunan," jelasnya.

Dia menambahkan, di masa pandemi Covid-19 ini membuat semua program-program Pemerintah Kabupaten Cirebon tertunda. Bahkan banyak program yang mengalami perubahan. 

"Anggaran terkena recofusing sehingga menghambat pembangunan di berbagai sektor. Sehingga dengan adanya TMMD Imbangan semoga bisa membantu pemerintah daerah," tukasnya. (Maman Suharman)