Covid-19 Meningkat, Robert Alberts: Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Memulai Liga

Covid-19 Meningkat, Robert Alberts: Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Memulai Liga
istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memiliki rasa optimis yang tinggi Liga 1 2021 bisa digulirkan. Satu di antaranya karena izin penyelenggaraan sudah dikeluarkan pihak Kepolisian.

Selain itu, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah menentukan akan memulai Liga 1 2021 pada 10 Juli mendatang. Termasuk juga format atau sistem yang akan dijalankan. 

"Kami juga sudah tahu dimana harus bermain dan di tanggal berapa hingga November," ungkap Robert, Jumat (18/6/2021). 


Pelatih asal Belanda memastikan Covid-19 belum pernah meninggalkan Indonesia bahkan di belahan dunia. Terbukti, angka penularan masih cukup tinggi. 

"Situasi Covid di Indonesia tidak pernah berubah meskipun Liga dihentikan bulan September lalu. Sekarang Polisi sudah memberikan izin. Jika kamu melihat Euro 2020 yang kini sedang dimainkan, sebagai contoh, pertandingan sudah bisa disaksikan lagi oleh penonton dengan sistem yang ketat, siapa saja yang boleh masuk ke stadion. Jadi bisa dilihat sepak bola sudah kembali, olahraga sudah kembali, Olimpiade di Jepang juga bersiap untuk digelar," tuturnya.

Karena itu, Robert menilai tidak ada alasan kompetisi tidak berjalan meski penyebaran Covid-19 meningkat. Terlebih, seluruh pertandingan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

"Jika kita semua, orang-orang di sepak bola, atlet olahraga, ofisial dan lainnya mengikuti protokol dan aturan yang diberikan oleh pihak otoritas di Indonesia, tidak ada alasan Liga tidak dimulai pada 10 Juli," tegasnya. 

Terbukti, lanjutnya, di beberapa belahan dunia, kompetisi tetap berjalan dan bahkan bisa disaksikan ribuan penonton. Seperti halnya yang terjadi pada Piala Eropa 2020. 

"Seluruh dunia sudah bermain lagi sepak bola, di seluruh dunia juga masih ada Covid, jadi tidak ada perbedaan dalam hal apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Saya akan sangat terkejut jika tiba-tiba Liga tidak bisa dilanjutkan sesuai rencana karena Covid ada di sana, izin ada di sana, sponsor ada di sana. Kami sudah menanti lebih dari satu tahun, bersedia dipangkas gaji, kami tidak bermain sepak bola, kami juga sudah tahu apa yang harus dilakukan, semuanya di sepak bola itu disiplin, jadi saya tidak ada alasan untuk tidak memulai Liga," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)