Wisatawan Luar Kab Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Negatif Covid 19

Wisatawan Luar Kab Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Negatif Covid 19
istimewa



INILAH, Bogor-Meningkatnya kasus Covid 19 di Bumi Tegar Beriman, dimana terjadi 98 orang terkomfirmasi positif Covid 19 dalam satu hari langsung disikapi Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Bogor.

Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Bogor kembali memperketat wilayah dan mewajibkan wisatawan dari luar  yang datang ke Kabupaten Bogor harus membawa surat keterangan negatif atai non reaktif swab test antigen atau test PCR. 

"Wisatawan luar yang datang ke Kabupaten Bogor kami wajibkan membawa bukti negatif atau non reaktif swab test  antigen atau PCR. Apabila tidak dapat menunjukan surat keterangan tersebut maka petugas di lapangan akan memutar balik kendaraan" Tegas Ketua Satgas Covid19 Kabupaten Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Jumat (18/6).


Wanita berusia 52 tahun yang juga Bupati Bogor  tersebut lebih memilih kebijakan tersebut untuk mengurangi mobilitas dengan melakukan penyekatan melalui swab test antigen atau PCR.

Hal itu karena Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang luas luas dan memiliki banyak pintu masuk, hingga tidak memungkinkan untuk memberlakuan sistem kendaraan ganjil genap layaknya di Kota Bogor.

"Ya kalo di Kabupaten Bogor saya rasa tidak bisa diberlakukan sistem ganjil genap untuk kendaraan. Lain wilayah lain pasti beda-beda cara penganan atau mensiasatinya," tambahnya.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor yang terdiri dari TNI-Polri, Damkar, BPBD, dan 435 Satpol PP telah disiagakan untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19. 

"Kami bersama aparat yang lain bersinergi untuk sama-sama menjaga pos-pos penyekatan untuk mengurangi mobilitas warga. Ini tanggung jawab kita semua untuk menjaga masyarakat agar tidak terpapar wabah Covid-19" ungkap Kapolres Bogor AKBP Harun.

Sementara itu, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto juga menghimbau masyarakat Kabupaten Bogor untuk terus patuhi protokol kesehatan dimanapun berada, serta jika ada kesempatan untuk mengikuti vaksinasi, dianjurkan untuk vaskin se-segera mungkin.

"Kasus Covid di Bogor ini meningkat, ini darurat, untuk itu masyarakat mohon patuhi protokol kesehatan dan yang belum divaksin ayo vaksin. Vaksin bertujuan agar lebih sehat dan terbebas dari pandemi Covid. Kita sukseskan rencana Presiden untuk membentuk kekebalan komunal di Kabupaten Bogor yang ditargetkan terwujud pada Agustus mendatang" Tukas Letkol (Inf) Sukur. (Reza Zurifwan)