Kapan Anak Dikenalkan dengan Permainan Imajinatif?

Kapan Anak Dikenalkan dengan Permainan Imajinatif?
Ilustrasi

INILAH, Jakarta - Ada waktu yang tepat untuk mengenalkan anak dengan permainan imajinatif. Kapan?

Menurut Psikolog pendidikan dan pendiri Rumah Dandelion, Binky Paramithan, permainan imajinasi mulai muncul di usia 18 bulan, semakin komplek dan sering dilakukan ketika anak berusia 3 tahun.

"Anak mengembangkan ketertarikan pada dunia orang dewasa dan ingin menjadi bagian dari dunia tersebut," kata Binky Paramithan saat ditemui di acara ELC, Jakarta, Rabu, (6/3/2019).

Salah satu tokoh yang banyak meneliti tentang permainan imajinasi adalah Vygotsky. Menurut Vygotsky, saat melakukan permainan imajinasi, ada tiga komponen yang perlu anak lakukan:

1. Menciptakan situasi imajinasi,

2. Menetapkan suatu tokoh atau karakter dan memerankannya,

3. Mengikuti aturan-aturan tertentu untuk memerankan tokoh atau karakter dengan baik.

Permainan imajinasi menekankan pada nilai bermain dengan boneka dan tokoh aksi mainan. Bentuk permainan ini mendorong anak-anak untuk belajar bagaimana berinteraksi secara sosial dan mengembangkan isyarat sosial dengan bereksperimen dengan kontak mata, menggunakan nada dan emosi yang berbeda.

Anak-anak juga belajar melakukan percakapan, yang mereka lakukan dengan berbicara dengan boneka dan tokoh aksi mereka dan membayangkan tanggapan.

Bermain dengan tokoh-tokoh aksi juga membantu membangun harga diri, karena setiap anak bisa menjadi pahlawan, hanya dengan berpura-pura. (inilah.com)