Dishub Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Dishub Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas
INILAH, Bogor – Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan membuka acara pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tahun 2019 tingkat SMU. Giat ini diharapkan menjadi motivasi siswa untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.
 
"Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang digaungkan Dinas Perhubungan ini bentuk kehadiran pemerintah daerah dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Pada tahun 2018, ada 711 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia 410 orang," ucap Iwan kepada wartawan, Senin (11/3/2019).
 
Iwan mengatakan, Pemkab Bogor memberikan wadah bagi generasi muda yang hobi balap dan otomotif, misalnya latihan  di sirkuit.
 
“Dengan menyalurkan pelajar di wadah yang benar, saya yakin mereka akan lebih disiplin dan tidak bertindak konyol, seperti balapan liar di jalanan," ujarnya.
 
Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Supriyanto menuturkan, ratusan pelajar yang menjadi pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dapat menularkan ilmu ke teman-temannya di sekolah maupun lingkungan.
 
"Para siswa ini akan dirangsang kreatifitasnya, lalu mengeluarkan suatu produk inovatif, misalnya tahun lalu siswa pelopor dari SMAN 2 Cibinong berhasil meraih juara I tingkat Provinsi Jawa Barat karena menciptakan alat sensor pelanggaran zebra cross," ungkapnya.
 
Ia mengatakan, kegiatan pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan akan berlangsung selama empat hari. Pemenang tingkat Kabupaten Bogor akan dilombakan ke tingkat provinsi, lalu naik ke nasional.
 
"Jujur kami takjub dengan kreativitas pelajar. Kami saja yang sehari-hari mengatur lalu lintas tidak seinovatif mereka. Selain meraih juara I tingkat provinsi, siswa kami juga meraih peringkat 9 di tingkat nasional," katanya.