Nikah di Usia dini... No Way!!

Nikah di Usia dini... No Way!!
INILAH, Bandung- Anggota Komisi IX DPR RI, Adang Sudrajat menyatakan generasi muda harus menjadi generasi yang berencana. Pasalnya, dalam kita suci Alquran perencanaan yang baik itu diwajibkan.
 
"Termasuk perencanaan dalam menikah, karena pernikahan itu harus benar-benar disiapkan fisik mental dan tak lupa rohaniah nya, jika kita siap menikah alangkah baiknya tidak perlu pacaran karena apa, karena sesuai dengan slogan generasi berencana no seks bebas," tutur Adang  di Madrasah Ibtidaiyah Puncaksari, Desa Puncaksari, Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat, Senin (11/3/2019) kemarin.
 
Dia menuturkan, pada zaman ini banyak sekali remaja yang pacaran diluar batas. Alhasil, banyak remaja yang menikah di usia dini. "Bila pernikahan tidak direncakan dengan baik biasanya menikah belum cukup umur, khusunya bagi wanita yang nantinya akan hamil, bila menikah di usia sebelum 21 tahun itu sangat rentan mengganggu kesehatan," jelasnya.
 
Adang yang hadir dalam Program BKKBN untuk usia remaja atau Generasi Berencana atau sering disingkat GENRE berinteraksi dengan peserta dengan cara membagikan dorprize kepada peserta yang beruntun.
 
Di tempat yang sama, Kasubdit Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Jawa Barat Handayani berpesan para remaja yang hadir dalam acara sosialisasi bisa menjelaskan kepada teman-teman mengenai program generasi berencana.
 
"Yang pertama katakan tidak nikah usia dini, yang kedua katakan tidak seks bebas dan terakhir katakan tidak untuk narkotika, psikotropika dan zat adiktif," jelasnya.
 
program genre BKKBN, lanjut Handayani, menginginkan remaja yang ada di indonesia terhindar dari ancaman-ancaman khususnya bagi kesehatan para remaja. 
 
"Program Genre itu banyak sekali manfaatnya khusunya bagi remaja yang banyak orang katakan sebagai usia labil," jelasnya.