Puluhan Taman Indah Hiasi Sudut Kota Purwakarta

Puluhan Taman Indah Hiasi Sudut Kota Purwakarta
INILAH, Purwakarta – Kabupaten Purwakarta terus bersolek. Selama lebih dari satu dasawarsa, pembangunan fasilitas publik maupun penataan lingkungan terus dilakukan pemerintah daerah setempat. 
 
Salah satu penataan lingkungan dilakukan di setiap sudut kota dan pedesaan. Ruang terbuka hijau (RTH) yang ada ditata menjadi taman-taman yang indah. Saat ini lokasi tersebut tampak lebih asri dan indah.
 
Data dari dinas terkait, sampai saat ini sudah ada 75 taman indah di seluruh penjuru wilayah Purwakarta.
 
Kasie Pertanaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta Hadi Purnomo menjelaskan, puluhan taman tersebut merupakan hasil rancangan bupati terdahulu. Taman-taman indah dibuat menjadi lokasi publik aktif dan multifungsi.
 
"Jadi taman ini bisa multifungsi. Bisa jadi tempat bercengkrama keluarga, wahana rekreasi, dan juga pendidikan. Ini yang membedakan taman di Purwakarta dengan di daerah lain," ujar Hadi kepada INILAH, Rabu (13/3/2019).
 
Menurut Hadi, dalam pembangunannya, taman ini tak hanya difungsukan dari sisi aspek kegunaan sebagai ruang publik dan rekreasi. Unsur edukasi menjadi orientasi utama. Selain itu, di taman pun ada yang diberi hiasan patung.
 
“Sampai saat ini, ada puluhan patung berbagai karakter. Salah satunya patung Presiden RI pertama, Bapak Soekarno,” katanya.
 
Patung sang proklamator setinggi 6,5 meter itu, lanjut Hadi, berdiri di sebuah taman di persimpangan antara Jalan Veteran dengan Jalan Terusan Ibrahim Singadilaga atau yang biasa disebut warga dengan nama Jalan Baru.
 
Selain itu, di lokasi taman Jalan Baru pun terdapat patung lain, yakni patung Bung Hatta yang posisinya sedang duduk dan menyilangkan kaki sambil membaca buku. Serta patung KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) sedang berdiri sembari memegang tongkat.
 
Untuk di pusat kota, kata dia, ada taman besar yang juga menjadi ikon Purwakarta yakni Taman Sri Baduga yang terkenal dengan Air Mancur terbesar se-Asia Tenggara. Kemudian, Taman Surawisesa dan Taman Citra Resmi. Lokasi dua taman itu masih satu kompleks dengan Sri Baduga, yakni di sekitar Jalan KK Singawinata (Situ Buleud).
 
Tak hanya di sekitar Situ Buleud, Pemkab Purwakarta pun membuat tiga taman besar di sekitar Jalan Ganda Negara, tepatnya di kompleks perkantoran Setda Purwakarta, yaitu Taman Pancawarna, Maya Datar, dan Pasanggarahan Padjdjaran.
 
"Dari 75 taman ini, sebagian ada yang dikelola oleh dinas kita, sebagian lagi oleh Bagian Umum Setda Purwakarta," jelas dia. 
 
Hadi menjelaskan, selama ini taman-taman tersebut terus dirawat. Bahkan, pemerintah mengalokasikan anggaran khusus untuk perawatan sebesar Rp 3 miliar. Adapun untuk memelihara taman ini, pihaknya mengerahkan 135 petugas. Setiap hari, taman-taman ini diperiksa dan dijaga kebersihannya
 
"Tapi anggaran itu tak khusus untuk pemeliharaan taman. Misalnya untuk mengganti bunga yang mati ataupun rusak. Serta, menambah fasilitas lainnya, seperti reklame dan penerangan jalan umum (PJU)," tambah dia.