Ridwan Kamil Harus Bangun Terminal Ciawi

Ridwan Kamil Harus Bangun Terminal Ciawi
INILAH, Ciawi – Pemkab Bogor masih mengkaji rencana pembangunan Terminal Ciawi menjadi tipe B atau C. Jika tipe B dipilih, tentunya tugas Pemkab Bogor lebih ringan karena hanya mengusulkan lokasi, pembebasan lahan dan pembangunan masuk kewenangan Pemprov Jawa Barat.
 
"Kami masih mengkaji dan akan merundingkan terlebih dahulu dengan Pemkot Bogor. Jika tipe C, pembebasan lahan tugas Pemkab Bogor dan pembangunan menjadi kewenangan Pemkot Bogor,” ujar Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).
 
Syarifah menyatakan, ada wacana menggeser Terminal Ciawi ke Kecamatan Cigombong harga lahan di Kecamatan Ciawi terlalu mahal. Selain itu, kesulitan mencari luas lahan sesuai kebutuhan.
 
“Melihat kondisi terkini, lebih memungkinkan pembangunan terminal itu digeser ke Kecamatan Cigombong. Apalagi ada rencana pembangunan Pasar Kotor (Induk)," katanya.
 
Namun rencana penggeseran pembangunan Terminal Ciawi ke Kecamatan Cigombong dianggap kurang strategis oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor. Plt Kepala Dishub Kabupaten Bogor Supriyanto mengatakan, kawasan Cigombong hanya mengakomodasi bus atau angkot  dari Sukabumi.
 
“Kalau di Ciawi bisa mengakomodir kendaraan umum dari Sukabumi, Kota Bogor, dan Kabupaten Cianjur. Kami lebih setuju pembangunan Terminal Ciawi dibandingkan Terminal Cigombong," jelasnya.
 
Mengenai kesulitan calon lahan Terminal Ciawi, Suprianto akan mencari lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang habis masa pakai atau lahan Prasarana Sarana Utulilitas (PSU) yang diserahkan pihak developer perumahan.
 
"Kalau lahan tersebut tidak ada, terpaksa pembebasan lahan dianggarkan pemerintah daerah," katanya.
 
Supriyanto mengatakan, Terminal Ciawi sudah sejak lama diputuskan menjadi terminal tipe B sehingga pembebasan lahan dan pembangunannya menjadi tanggung jawab Pemprov Jawa Barat.
 
"Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat yang sudah diterbitkan beberapa tahun lalu, status Terminal Ciawi masuk tipe B. Kami akan dorong Pemprov Jawa Barat membebaskan lahan dan membangunnya," jelasnya.