KAI Sediakan 18.096 Slot Motis

KAI Sediakan 18.096 Slot Motis
INILAH, Bandung - Serupa dengan tahun sebelumnya, pada masa Angkutan Lebaran 2019 ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan angkutan motor gratis (motis). Bersama dengan Kementerian Perhubungan, jumlah sepeda motor yang akan diangkut sebanyak 18.096 unit.
 
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, layanan ini berguna untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya. Selain itu, hal tersebut mengurangi kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019.
 
“Kegiatan ini diselenggarakan mulai 27 Mei-2 Juni 2019 untuk arus mudik. Dan mulai 8-13 Juni 2019 untuk arus balik. Selama 13 hari pelaksanaan motis, total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya sebanyak 1.392 unit atau total 18.096 unit,” kata Edi, Rabu (13/3/2019).
 
Menurutnya, selain menyediakan slot untuk motis pihaknya pun menyiapkan total sebanyak 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar angkutan motis. Tempat duduk itu terbagi untuk arus mudik sebanyak 32.436 kurai dan arus balik sebanyak 25.652 kursi.
 
Dia menyebutkan, tiket kereta api (KA) penumpang untuk angkutan motor gratis tersebut tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Khusus KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis sebanyak 21 jadwal keberangkatan.
 
Ke-21 KA penumpang itu yakni KA Matarmaja relasi Pasar Senen-Malang, KA Brantas (Pasar Senen-Blitar), KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar), KA Bengawan (Pasar Senen-Purwosari), KA Kutojaya Utara (Pasar Senen-Kutoarjo), KA Tawang Jaya (Pasar Senen-Semarang Poncol), KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong-Kutoarjo), KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto),  KA Pasundan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng), KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen-Surabaya Gubeng), KA Progo (Pasar Senen-Lempuyangan).
 
Kemudian, KA Kutojaya Utara Tambahan (Pasar Senen-Kutoarjo), KA Matarmaja Lebaran (Pasar Senen-Malang), KA Pasundan Lebaran (Kiaracondong-Surabaya Gubeng), KA Kertajaya Lebaran (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), KA Gajahwong (Pasar Senen-Lempuyangan), KA Singasari (Pasar Senen-Blitar), KA Majapahit (Pasar Senen-Malang), KA Jayabaya (Pasar Senen-Jember), dan KA Logawa (Purwokerto-Jember).
 
“KAI mendukung penuh program pemerintah untuk angkutan motis ini. KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2019 ini,” tuturnya. 
 
Khusus terkait angkutan motis, dia menjelaskan pihaknya meyediakan tiga relasi yang bisa digunakan. Yakni, Lintas Utara dengan relasi Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasarturi yang melewati Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, hingga Surabaya Pasarturi.
 
Relasi kedua yaitu Lintas Selatan melalui Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Kutoarjo yang melintasi Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, hingga Kutoarjo.
 
Relasi ketiga yaitu Lintas Selatan 2 melalui Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasarturi yang melintasi Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, hingga Surabaya Pasarturi.
 
“Untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftar melalui online atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi,  Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang,” tegasnya. 
 
Secara rinci, pendaftaran angkutan Motis ini bisa dilakukan secara online yang dilakukan pada 12 Maret-25 Mei 2019 di situs mudikgratis.dephub.go.id. Sedangkan, untuk pendaftaran di stasiun pendaftaran disertai pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dilakukan pada 12 Maret-13 Mei 2019. 
 
Pendaftaran angkutan Motis dilakukan pada 14-25 Mei 2019. Kemudian, pendaftaran angkutan motis untuk contra flow/daerah dilakukan di  stasiun-stasiun persinggahan KA Motis pada 28 April-12 Juni 2019.
 
“Untuk syarat dan ketentuan terkait pendaftaran angkutan Motis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id atau menghubungi Contact Center Kemenhub di 151,” tambahnya.
 
Sementara itu, Manager Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus menjelaskan khusus untuk angkutan motis dengan fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan Ekonomi Komersial itu disediakan 8.480 tempat duduk. Terdiri dari 4.240 tempat duduk pada arus mudik dan 4.240 tempat duduk pada arus balik. 
 
Di wilayah kerjanya, ada empat rangkaian KA yang menyediakan tempat duduk untuk pendaftar motis. Yakni, KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, KA Pasundan, dan KA Pasundan Lebaran. 
 
“Artinya, kita memfasilitasi masyarakat yang menggunakan layanan motis sekaligus dengan tempat duduk di kereta apinya selama kuota masih ada. Yaitu untuk pendaftar mulai 12 Maret- 13 Mei 2019. Setelah tanggal itu, hanya difasilitasi angkutan motornya saja,” tuturnya.
 
Sejauh ini, hingga Rabu (13/3/2019) kemarin tercatat 130 pendaftar di Stasiun Kiaracondong dan 120 pendaftar di Stasiun Cimahi. Untuk kapasitas angkut KA Motis untuk Lintas Selatan 1, per hari itu pihaknya mampu mengangkut sebanyak 464 unit motor.