Pemilih Tambahan di Jabar Lebih dari 100 Ribu

Pemilih Tambahan di Jabar Lebih dari 100 Ribu
KPU Jabar memprediksi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Jawa Barat diperkirakan lebih dari 100 ribu
INILAH, Bandung - KPU Jabar memprediksi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Jawa Barat diperkirakan lebih dari 100 ribu orang.
 
Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok mengatakan pihaknya menerima laporan pada Kamis (14/3/2019), ada penambahan DPTb dari rapat pleno sebelumnya.
 
"Pada laporan awal DPTb se-Jabar ada 41ribu, sekarang laporannya 68ribu, kemungkinan akan terus bertambah mencapai lebih dari 100ribu DPTb sampai pendataan pada 17 Maret nanti," katanya, Kamis (14/3/2019).
 
Tiga daerah dengan DPTb terbanyak, diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bogor, dan Sumedang. Dia memperkirakan dari tiga daerah tersebut DPTb didominasi oleh mahasiswa.
 
"DPTb terbanyak itu ada di Bandung 10ribu, Bogor 7ribu, Sumedang 6ribu. Dari tiga daerah ini diperkirakan dari mahasiswa, kota keempat Depok juga termasuk banyak Mahasiswanya," ucapnya.
 
Menurut Rifqi, setelah DPTB ini didata, tahap selanjutnya adalah mengurus ketersediaan logistik untuk melayani DPTb saat pemilu nanti.
 
"Kita sudah menyampaikan ke masing-masing Kota dan Kabupaten, DPTb ini disebar ke masing-masing TPS, kalo disebar kan ketersediaan logistiknya sudah bisa dipastikan," katanya.
 
Selain itu, KPU Jabar juga akan melakukan 'regrouping', dalam hal menata ulang TPS agar bisa memenuhi DPTb yang jumlahnya meningkat ini.
 
"Satu TPS maksimal melayani 300 pemilih, namun ada beberapa TPS yang tidak mencapai 300, jadi akan kita cek untuk penyebaran DPTb ini," pungkasnya.