Ternyata, KPK Sudah Lama Intai Romahurmuziy

Ternyata, KPK Sudah Lama Intai Romahurmuziy
Romahurmuziy (tengah) saat digelandang ke Kantor KPK, Jumat (15/3) petang WIB
INILAH, Jakarta- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang sudah lama menyelidiki dugaan transaksi terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama yang diduga melibatkan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy.
 
"Sudah lama. Sudah lama (intai Romahurmuziy)," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jumat (15/3/2019).
 
Menurut dia, penyelidikan kasus ini tidak sampai satu tahun. Tetapi, pemantauan dilakukan setelah KPK mendapatkan laporan dari masyarakat kemudian dilakukan proses verifikasi dan pemeriksaan hingga menemukan alat bukti permulaan.
 
Kemudian, Agus mengatakan dari proses tersebut KPK menemukan adanya dugaan transaksi terkait jual beli jabatan di Kementerian Agama yang diduga melibatkan Romi sudah berulang kali.
 
"Yang perlu dicatat itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan," ujarnya.
 
Sementara Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan pihaknya mendapatkan informasi akan ada transaksi yang diduga melibatkan penyelenggara negara. Maka, sesuai dengan tugas dan kewenangan KPK harus menindaklanjuti hal tersebut.
 
"Karena itu tim KPK mengamankan 5 orang setelah diduga terjadi transaksi yang kesekian kalinya. Jadi kami juga ini bukan transaksi pertama," kata Febri