Distan Bogor Fokus Bina Kebun Organik Herbal

Distan Bogor Fokus Bina Kebun Organik Herbal
Penyuluh Dinas Pertanian Kota Bogor fokus melakukan pembinaan Kebun Organik Herbal Bejo
INILAH, Bogor– Penyuluh Dinas Pertanian Kota Bogor fokus melakukan pembinaan Kebun Organik Herbal Bejo di 68 kelurahan se-Kota Bogor. Selain itu, Distan tetap konsen dengan program terdahulunya yaitu Kebun Organik Terpadu Bersih Indah Sehat dan Asri (BISA). 
 
Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan Distan Kota Bogor, Dian Herdiawan mengatakan, program-proram yang diluncurkan pihaknya berkaitan dengan lomba Taman Herbal antar kelurahan se-Kota Bogor. 
 
“Iya benar, tahun 2019 akan kembali digelar lomba pemeliharaan taman herbal dan lomba pembangunan taman herbal di RW yang berbeda  di setiap kelurahan se-Kota Bogor,” ungkap Dian, Minggu (17/3).
 
Dian melanjutkan, kegiatan lomba ini pada intinya bagaimana menggairahkan pertanian urban farming. Artinya dengan lahan yang terbatas di perkotaan, bisa memaksimalkan potensi dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga.
 
“Jadi menanamkan budaya bercocok tanam kepada masyarakat. Selain itu tanaman juga bagus bagi penghijauan di Kota Bogor. Dengan lahan sedikit masyarakat bisa menanam cabai dan beberapa kebutuhan dapur,” tuturnya.
 
Masih kata Dian, selain kebutuhan dapur, ada juga pilihan utama, yaitu menanam tanaman herbal yang banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah masyarakat lebih mudah untuk mengkonsumsi tanaman yang aman untuk lingkungan dan sehat untuk dikonsumsi. 
 
“Kenapa? Karena mereka tanam sendiri. Mereka tahu bagaimana pembibitannya, bagaimana memeliharanya, dan cara memanennya. Jadi sudah dipastikan kulaitasnya juga karena dirawat sendiri,” terangnya.
 
Dian mengaku, pihaknya mengembangkan tanaman herbal yang sifatnya masyarakat bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada. Jadi perawatan yang mudah dan dengan biaya murah.
 
“Masyarakat diajarkan bagaimana memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk dan budidaya di lahan sempit sehingga bisa meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.