Duta Genre Harus jadi Teladan

Duta Genre Harus jadi Teladan

AJANG pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung merupakan salah satu kegatan pengembangan karakter. Ajang ini merupakan strategi jitu untuk menjauhkan remaja dari pengaruh negatif.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap para remaja lebih antusias mengikuti berbagai program pengembangan karakter, seperti halnya pemilihan Duta Genre. Ini, kata Kang Yana, bisa menjadi fondasi dalam mempersiapkan masa depan.

Dikatakan Kang Yana, saat ini identifikasi pemerintah sendiri terhadap masalah yang menghantui kaum remaja ‎yakni pernikahan dini, seks bebas dan bahaya Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

"Mengantisipasi masalah tersebut, kita bersyukur karena sudah banyak upaya pemerintah. Salah satunya melalui pemilihan Duta Genre. Semoga menjadi sumber inspirasi membangun remaja Kota Bandung yang sehat, tangguh dan andal," kata Kang Yana saat malam pemilihan Duta Genre di ‎Gedung Graha Wiksa Praniti Puslitbang Permukiman PU, Jalan Turangga, Bandung, Sabtu (16/3/2019) malam.

Kang Yana berharap ajang pemilihan Duta Genre ini bukan semata sebagai tempat untuk berkompetisi dan meraih titel semata. Namun, turut membangun kesadaran tentang pentingnya menata masa depan dengan berbekal pemahaman dan kualitas kepribadian yang positif.

"Saya harap tidak sekadar menobatkan duta genre, tapi mendorong agar berpikir positif dan menginspirasi ke arah lebih baik. Kehidupan remaja sangat menetukan kehidupan masa depan, sehingga harus dipersiapkan secara sehat mental, spriritual, jasmani dan rohani," katanya.

Diungkapkan Kepala DPPKB Kota Bandung, Eddy Marwoto, pemilihan duta genre sudah menjadi ajang rutin. Setiap tahunnya pendaftar untuk ajang ini terus mengalami peningkatan.

"Dalam rangka merespon permasalahan remaja, seks bebas, pernikahan dini dan napza, DPPKB merespon program PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), salah satu kegiatan untuk pengembangannya memalui pemilihan duta genre dengan sasaran seluruh remaja di Kota Bandung," ujar Eddy.

Eddy menegaskan, pemilihan duta genre bukanlah agenda seremonial belaka. Justru menjadi upaya meningkatkan kualitas remaja Kota Bandung yang sekaligus mendukung visi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

"Meningkatnya kualitas bagi duta genre, sehingga bisa menjadi keteladanan bagi remaja seusianya. Lalu meningkatkan peran remaja untuk mewujudkan visi Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis," katanya.

Loading...