Tahun Ini, Purwakarta Minta 7 Unit Ambulans Senilai Rp2,1 M

Tahun Ini, Purwakarta Minta 7 Unit Ambulans Senilai Rp2,1 M
INILAH, Purwakarta – Meski kekurangannya mencapai ratusan, tapi tahun ini Dinas Kesehatan Purwakarta hanya mengusulkan penambahan tujuh unit ambulans.
 
Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono kepada INILAH, Senin (18/3/2019), menyatakan bukti tingginya manfaat ambulans di Purwakarta adalah dengan tingginya pengaduan soal kesehatan. Pengaduan itu ada yang masuk ke Diskominfo melalui call center 112 maupun langsung kepada pihaknya.
 
Salah satunya, soal kebutuhan jasa ambulans. Karena itu, di 2019 ini pihaknya kembali mengusulkan untuk penambahan ambulans. Adapun usulannya, sebanyak 7 unit dengan alokasi anggaran yang diusulkan sebesar Rp 2,1 miliar. Ambulans yang diusulkan itu, sudah termasuk fasilitas kesehatan. Seperti, blankar, tabung oksigen dan lainnya.
 
"Tapi, apakah usulan dari kita ini disetujui atau tidak, tergantung dari kemampuan anggaran pemkab nantinya," tambah dia.
 
Menurut Rudi Hartono, jumlah armada ambulans ini belum bisa dikatakan ideal.  “Kalau melihat jumlahnya saat ini sih, kami rasa masih sangat minim. Idealnya, satu desa memiliki satu ambulans dan satu puskesmas memiliki dua ambulans,” ujarnya.
 
Rudi menjelaskan, jumlah desa dan kelurahan di wilayahnya ada 192. Jika merujuk pada data tersebut, maka ambulans desa dan kelurahan harusnya ada 192 unit. Namun, sampai sekarang baru 66 unit dan 45 unit di antaranya yang dikelolanya oleh pihak desa.
 
"Jadi, yang sampai saat ini baru tersedia itu 66 unit. Terdiri dari 45 unit di sebar ke desa, 21 unit lainnya di puskesmas," jelas dia. 
 
Untuk ambulans yang di Puskesmas pun, sambung dia, jumlahnya dirasa masih kurang. Idealnya, kata dia, setiap puskesmas memiliki dua unit ambulans. 
 
"Menurut kami, kalau masing-masing punya dua unit dipastikan tak akan keteteran dalam melayani warga. Misalnya, yang satu dipakai untuk merujuk pasien, yang satu standby di puskesmas," seloroh dia. 
 

Loading...