Ini Daftar 10 Pemain Lawan yang Dapat Penghormatan Suporter Tuan Rumah

Ini Daftar 10 Pemain Lawan yang Dapat Penghormatan Suporter Tuan Rumah
INILAH, Barcelona - Tak banyak pemain lawan yang mendapat aplaus dari suporter tuan rumah seperti Lionel Messi yang dapat tepukan tangan dari publik Stadion Benito Villamarin. Dalam catatan, ini hanya terjadi 10 kali dan Messi satu-satunya pemain yang dua kali mengalaminya.
 
Lionel Messi mendapat aplaus dari pendukung Real Betis ketika dia mencetak gol ketiganya ke gawang Pau Lopez. Gol itu memang indah, Lionel Messi melakukan tendangan chip, mengangkat bola, melengkung, dan kemudian menembus gawang Real Betis. Setelah gol itu, meski Betis tertingal 1-4, publik tuan rumah menyampaikan respeknya terhadap penyerang Barcelona ini.
 
Bukan kali ini penonton tuan rumah memberi aplaus terhadap performa pemain lawan. Lionel Messi sendiri sudah dua kali mengalaminya. Satu-satunya pemain yang mengalami hal itu. Sebelumnya, pada musim 2008/2009 lalu, dia juga dapat aplaus dari pentukung Atletico Madrid saat Barcelona menang 3-1 di Copa del Rey.
 
Dari daftar 10 kali penghormatan penonton kepada pemain lawan, Barcelona terbanyak mengalaminya. Ada enam kali hal itu terjadi. Selain dua kali oleh Messi, hal serupa pernah dialami Diego Maradona, Rolandinho, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta.
 
Berikut Daftar tersebut
 
Maradona
(Real Madrid 2-2 Barcelona, 1982/83, Copa de la Liga)
 
Sekelompok pendukung Real Madrid berdiri dan memberikan penghormatan sambil berdiri kepada pemain Barcelona, Diego Maradona di Stadion Santiago Bernabeu, setelah bintang Argentina itu mencetak gol yang takkan terlupakan pada laga pertama Copa de la Liga 1983. Tendangannya menempatkan Barvelona unggul 2-0, meskipun Madrid mampu bangkit dan menyamakan kedudukan 2-2.
 
Ronaldo
(Mancehster United 4-3 Real Madrid, 2002/2003, Liga Champions)
 
Penyerang Brasil ini menunjukkan salah satu penampilan terbaiknya bersama Real Madrid dalam pertandingan menghadapi Manchester United di Old Trafford.
 
Dia mencetak trigol pada laga kedua perempat final Liga Champions 2002/03 setelah Real Madrid unggul 3-1 dalam laga pertama di kandang sendiri.
 
Pendukung Manchester United, bisa menerima kekalahan tersebut. Mereka tak malu-malu untuk bangkit dari tempat duduknya dan memberikan penghormatan terhadap Ronaldo yang memang layak mendapatkannya.
 
Ronaldinho
(Real Madrid 0-3 Barcelona, 2005/06, La Liga)
 
Barcelona tampil sebagai pemenang, unggul 3-0 atas musuh bebuyutannya, Real Madrid di ajang La Liga 2005/06. Hebatnya, kemenangan itu dibukukan di Santiago Bernabeu.
 
Bintang dari pertunjukan itu adalah Ronaldinho. Dialah yang menciptakan dua gol yang begitu indah, yang membuat suporter Real Madrid memberikannya penghormatan sambil berdiri atas penampilannya itu. Foto dua pendukung Real Madrid, seorang ayah dan putranya, saat memberikan aplaus, langsung viral.
 
Alessandro Del Piero
(Real Madrid 0-2 Juventus, 2008/09, Liga Champions)
 
Alessandro Del Piero tampil mengesankan menghadapi Real Madrid di Liga Champions 2008/09. Meskipun sudah berusia 34 tahun saat itu, penampilannya membius banyak orang, seolah-olah dia seorang pemain yang masih berusia 25 tahun.
 
Dia mencetak kedua gol dan seluruh penonton di Bernabeu bangkit untuk memberi penghormatan terhadap Del Piero, sesuatu yang pantas dia dapatkan.
 
Lionel Messi 
(Atletico Madrid 1-3 Barcelona, 2008/09, Copa del Rey)
 
Pada musim perdananya menukangi Barcelona, Lionel Messi melakukan hal yang terbaik dan tak tertahankan saat klubnya memetik kemenangan 3-1 atas Atletico Madrid.
 
Penyerang Argentina itu mencetak trigol luar biasa dan seluruh penonton tuan rumah menunjukkan apresiasinya untuk penampilan tersebut. Mereka mengaplaus Lionel Messi saat keluar dari lapangan.
 
Anders Iniesta
(Espanyol 1-5 Barcelona, 2010/11, La Liga)
 
Tak ada yang lebih menyakitkan bagi seorang suporter dalam sejarah sepak bola kecuali kalah di kandang sendiri dalam pertandingan derby. Itu yang dialami publik pendukung Espanyol saat mereka takluk 1-5 di tangan Barcelona.
 
Tapi, penampilan mengesankan Iniesta membuat pendukung Espanyol melupakan loyalitasnya. Saat itu, mereka langsung berdiri dan memberikan penghormatan kepada gelandang Barcelona, Anders Iniesta. Itu terjadi setelah Iniesta mendedikasikan gol kemenangannya kepada mendiang Dani Jarque, mantan kapten Espanyol.
 
Xavi Hernandez
(Athletic Bilbao 2-5 Barcelona, 2014/15, La Liga)
 
Suporter Athletic Bilbao memberi Xavi Hernandez penghormatan sambil berdiri setelah penampilan cemerlangnya saat Barcelona menang 5-2 atas tuan rumah pada musim 2014/15.
 
Francesco Totti
(Real Madrid 2-0 AS Roma, 2016/17, Liga Champions)
 
Seluruh penonton Bernabeu bangkit dari tempat duduknya dalam pertandingan 16 besar Liga Champions musim 2016/17 saat mana Los Blancos menang 2-0. Mereka menunjukkan apresiasi terhadap karier panjang Francesco Totti di sepak bola. 
 
Cristiano Ronaldo
(Juventus 0-3 Real Madrid, 2017/19, Liga Champions)
 
Umumnya pendukung Juventus bangkit dan memberikan penghormatan berdiri untuk Cristiano Ronaldo setelah dia mencetak gol salto yang spektakuler menghadapi Juventus di partai Liga Champions 2017/18. Ronaldo kemudian menunjukkan sikap yang baik terhadap penonton tuan rumah. Semusim kemudian, Cristiano Ronaldo malah berkostum Juventus.
 
Lionel Messi
(Real Betis 1-4 Barcelona, 2018/19, La Liga)
 
Lionel Messi masuk daftar untuk kedua kalinya setelah penampilan yang luar biasa lewat trigolnya ke gawang Real Betis di Stadion Benito Villamarin.
 
Pendukung tuan rumah tak bisa melakukan apa-apa, kecuali bangkit dari tempat duduknya, memberikan apluas terhadap Messi yang mencetak gol ketiganya dengan indah. Mereka memberi hormat atas penampilan jenius bintang Argentina itu.