Anak-anak Lebih Suka Main Ponsel Ketimbang Membaca

Anak-anak Lebih Suka Main Ponsel Ketimbang Membaca
INILAH, Bandung- Wakil Bupati Garut Helmi Budiman prihatin dengan kecenderungan anak-anak dan generasi muda yang terbiasa menggunakan gadget ketimbang membaca buku.
 
"Berdasarkan data terakhir, kepemilikan ponsel di Indonesia sudah mencapai 300 jutaan. Dari jumlah itu sebanyak 44 persenya digunakan untuk game (permainan)," tutur Helim  usai Safari Gerakan Nasional  Pembudayaan Kegemaran Memebaca di Gedung Islamic Center, Garut (21/3/3019).
 
Helmi menerangkan kondisi di Garut. Menurutnya, kemungkinan lebih banyak jumlah ponsel ketimbang warganya. "Makanya saya prihatin dengan kondisi ini," ucap Helmi.
 
Orang nomor dua di Kabupaten Garut itu menghimbau kepada orang tua agar selalu memperhatikan anak-anaknya agar tidak terbiasa menggunakan ponsel melainkan harus rajin membaca buku. 
 
Helmi optimis, dengan adanya perpustakaan berbasis inklusi sosial mampu meningkatkan minat baca anak-anak di Garut. Ditambah perpustakaan yang mampu menampung 200 orangdam jumlah bukul sebanyak menampung sebanyak 200 orang, dengan jumlah buku sebanyak  26.000 eksemplar.
 
"Apalagi sejumlah perpustakaan tersebar di  desa-desa yang didirikan masyarakat secara swadaya. Di Perpustakaan Garut bisa kegiatan diskusi dan praktik.  Sehingga minat baca akan meningkat. Oleh karena itu, aktivitas  kita pun akan meningkat sekaligus minat baca juga akan  meningkat," ucapnya.
 
 
Minat baca masyarakat Garut sendiri, kata Helmi, saat ini menempati urutan tiga di Jawa Barat. Kendati jumlah sarana, dan ketersediaan buku bacaan terbilang masih minim.
 

Loading...