Bupati Subang Luncurkan BUMDes Jawara

Bupati Subang Luncurkan BUMDes Jawara
Ilustrasi

INILAH, Subang - Dalam Rangka Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Subang tahun 2019, Bupati Subang H Ruhimat meluncurkan program "BUMDes Jawara dan Prukades Pertanian Padi".

Maju Bersama, Sejahtera Bersama, Menuju Subang Jawara (Jaya Istimewa Sejahtera) di Halaman Kantor Desa Balimbing, Senin (25/3/2019). 

Dalam kata sambutannya Bupati H Ruhimat menyampaikan, BUMDes akan bisa tumbuh dan berkembang bila para pengelola berani memiliki impian.

Para pendiri BUMDes berani berpikir besar dalam membangun visi, sebab visi BUMDes inilah yang akan menjadi energi penggerak bagi para pengelola berani untuk memulai.

Dalam rangka pembinaan dan evaluasi terhadap kualitas BUMDes yang sudah terbentuk, salah satu yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Subang yaitu mengadakan lomba BUMDes.

Ruhimat berpesan dalam pembuatan keputusan mengenai unit usaha, BUMDes tidak boleh mematikan potensi usaha yang sudah dijalankan warga desanya.

BUMDes juga harus memiliki kemampuan memberdayakan kesejahteraan banyak orang, ini yang lebih penting dibandingkan keuntungan keluarga.

“Kami yakin dan percaya dengan dilandasi sikap disiplin dan dedikasi yang tinggi, BUMDes di Kabupaten Subang dapat menjadi sarana dalam mencapai masyarakat Subang jaya, istimewa dan sejahtera,” ujarnya.

Bupati mengimbau, mari kita senantiasa mengedepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan hadiah juara lomba BUMDes Jawara Tingkat Kabupaten Subang tahun 2019, masing-masing diberikan kepada juara 1 Kecamatan Pagaden, Desa Balimbing Barat Bumdes Maju Sejahtera;

Juara 2 Kecamatan Ciater, Desa Palasari, Bumdes Sari Binangkit; dan  Juara 3 Kecamatan Tambak Dahan, Desa Kertajaya Bumdes Jaya Sari Sejahtera.

Selain itu, dilaksanakan penyerahan bantuan dana stimulan modal usaha sebesar Rp50.000.000; dana stimulan operasional dan bantuan KUR BNI sebesar Rp2.000.000 diberikan Ruhimat.

Didampingi Direktur PSDA, Kemendes PDTT RI, Jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Direktur BNI 46 dan Kadis Pemdes.

Dan, pada kegiatan tersebut Bupati Subang juga menerima bantuan pengembangan usaha BUMDes sebesar Rp150 juta dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Acara dihadiri pula Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Mulyadin Malik; Ketua DPRD Kabupaten Subang, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Subang, para camat, para kepala desa, para ketua kelompok tani, serta insan pers.

Loading...